Monday, July 20, 2020

4 Years and Counting ..

MashaAllah, ternyata udah 4 tahun saya sah jadi dosen di sebuah PTN di Aceh ini. Dari sesuatu yang dihindari, hingga kemudian memantapkan diri untuk berkecimpung langsung di dunia akademik ini.

Sekitar tahun 2016, ketika pertama kali bergabung di kampus, saya sempat menuliskan kondisi saat itu. Semuanya terjadi karena omongan saya diaminkan malaikat, kata saya waktu itu. Bukan tahun yang mudah, masih shock jadi dosen, harus bersikap dewasa nan bijak dengan mahasiswa, harus sangat hormat dengan dosen-dosen lain. Rasanya kok ya gak bisa casual aja hubungannya.

Setahun kemudian, pikiran saya berubah lagi, gak mampu di jurusan TI ini, saya pengen pindah ke jurusan bahasa inggris. Beloknya memang jauh sodara-sodara. Itu juga karena pernah 1 semester ditawarkan mata kuliah di prodi itu. Jatuh cinta rasanya sama prodi sebelah, karena kuliahnya banyak ngobrolnya. Padahal bisa jadi, cuma di satu mata kuliah itu aja sayanya nyaman mengajar, mungkin cuma kebetulan di semester itu, mood saya happy terus, mahasiswanya juga seru-seru. Di tahun ini, selain pengen pindah prodi, sempat juga ditanyain dan disarankan untuk ikut test CPNS tahun itu. Jawaban saya sangat tegas, NO !



class in hall

Itu tahun 2017, beda ceritanya di tahu 2018. Pertanyaan soal CPNS datang lagi. Dari NO berubah ke..boleh lah ya dicoba. Mendadak galau karena ada keinginan terselubung lainnya kalau rejeki dan lulus PNS; banyaknya beasiswa yang dikhususukan bagi dosen :D . Akhirnya, dengan berbagai drama, lupa akun BKN, lupa submit berkas padahal di saat yang sama sedang seru-seruan di Bromo, sampai di hari kelulusan sempat berfikir untuk menolak dan cabut dari kampus, hati berkata lain, hayuk jadi dosen.



Diskusi santai di halaman fakultas
Diskusi santai di halaman fakultas


Kalau di tahun 2016 itu reaksi abang dan kakak mempertanyakan keputusan jadi dosen, di 2018 si kakak malah ketawa ngakak.
"Udah gak ada alasan buat kemana-mana lagi ya, netap di aceh kamunya', kata si kakak ketika saya mengabarkan kelulusan.

Well, yeah. Here I am, now.

Di tengah-tengah kondisi pandemic dengan kelas daringnya, di saat mood lagi naik turunnya (sabee :p ), diingatkan sama beberapa teman yang sama-sama melewati fase 4 tahun ini.

Udah betah? masih akan terus beradaptasi, untuk bisa betah di sini
Kuliah lagi? maunya gitu, apa daya, cita-cita mau kemana masih blur, belum kelihatan hilalnya kalau kata orang-orang

Nikmati aja? Hooh, semoga gak kelewat menikmati sampe lupa masih harus upgrade ilmu hehe

Enjoy your choice


Bismillah..
smoga niat mengabdi di sini gak berbelok ke yang tidak-tidak. Walaupun awalnya karena mikirin beasiswa, tapi belakangan udah diluruskan kok, beramal :D

1 comment:

  1. Keren banget 4 tahun di sana menjadi dosen. Dulu cita-cita saya begitu ��

    ReplyDelete