Thursday, April 9, 2020

Dirumah Aja, No Problem

Hampir sebulan sudah, saya dan suami udah berdiam di rumah aja. Walaupun jujur, selalu kegatelan pengen keluar rumah, walaupun hanya 10 menit aja keliling-keliling. Udah gitu aja. Setidaknya bisa menghilangkan sumpek dengan kerjaan kampus (yang bejibun mashaAllah banyaknya), belum lagi ditambah dengan kerjaan rumah tangga yang alhamdulillah gak pernh berkurang banyaknya.

At this point, satu yang harus saya akui, saya salut dengan ibu-ibu rumah tangga yang setiap harinya bergelut dengan urusan rumah tangga. Mulai bangun tidur sampe tidur malamnya, kegiatannya gak pernah berhenti. Walaupun baru itungan bulan berumah tangga, rasanya kok kerjaan rumah tangga itu di luar akal sehat, kelewat banyak dan gak ada habisnya. Di sini saya bersyukur sekalian ngantor juga. Walaupu kerjaan ngantor bejibun, saya punya alasan untuk menunda mengerjakan pekerjaan rumah tangga. 

Selama hampir sebulan ini, hidup saya hanya seputaran masak, buat cemilan sore, ngajar online, bimbingan skripsi/penelitian mahasiswa, laundry. Siklusnya gitu terus. Bersyukur, tetap, 'libur' kali ini memungkinkan saya untuk melakukan hal-hal yang susah sekali saya kerjakan karena alasan gak sempat. 

Nah. di postingan ini, saya ingin berbagi beberapa kegiatan yang saya lakukan, dan tentunya, kalian-kalian di luar sana juga bisa ngelakuin yang serupa.

1. Masak
Sejak menikah, tiap hari saya usahakan tetap masak. Tapi sejak "libur', frekuensi masaknya jadi bertambah, begitu juga dengan variasinya. 

Masak sambel terasi biasanya cuma pas weekend, karena pengennya lengkap dengan ayam geprek plus lalapan. Eh sekarang bisa kapan aja, selama bahan tersedia. Masak rendang bukanlah kerjaan harian, berhubung kondisi seperti ini, nyetok makanan jadi juga bisa dijadiin solusi. Selain mengurangi frekuensi masak, juga mengurangi frekuensi ke pasar. 

Homemade Churros
Homemade Churros 

Saat pengen mie bakso. harus buat sendiri. Pengen jajan cilok, langsung googling resep yang paling mudah diikuti dan terbukti keberhasilannya. Kalau biasanya pas ngopi di tempat langganan bisa sekalian ngemil churros, kali ini harus buat sendiri. Eh ternyata buatnya gak sulit. Modalnya juga gak banyak

Berhubung di halaman depan mangga lagi berbuah banyak, kadang suka iseng buat rujak mangga. Dulunya, kalau mamak buat saya termasuk yang gak akan nyentuh rujak mangga, eh sekarang malah rajin buat dan dibagi-bagi ke teman-teman :D 

Rujak Mangga
Rujak Mangga

2. Berkebun
Dulu, jauh sebelum akhirnya menikah, saya punya cita-cita suatu hari akan mulai berkebun. Tanamannya yang kira-kira sering dipake buat masak. Misalnya kunyit, jahe, sereh, daun pandan, rawit, belimbing wuluh dan temurui (serupa dengan daun kari). 

Berkebun ala-ala
Berkebun ala-ala


Alhamdulillah jadi berkebun juga. Sebagian tanaman sudah ada di rumah suami, sisanya saya tambahkan. Bela-belain keluar buat beli tanah dan ambil bibit. 

Walaupun masih kecil-kecil, rasanya bahagia sekali cita-cita udah mulai terealisasi pelan-pelan

3. Sketsa
Nah ini udah hampir setahun ditinggalin. Alasannya ya sama kayak masak, capek, gak sempat. Alasan yaa :D . 

Membuat sketsa bisa dijadikan solusi ketika tangan terlalu lelah mengetik bahan kuliah, mata terlalu lelah melihat gadget, atau terlalu suntuk untuk harus menghabiskan waktu dengan nonton drama. Sketsa jadi penyelamat yang menenangkan sekali ketika dikerjakan. 

kopi sketsa
Sektsa Kopi

Karena saya bukan orang yang kreatif juga, saya mulai belajar dari 0 lagi. Mulai liat sketsa yang mneurut saya menarik. Baru kemudian lanjut dengan coloring (yang simple banget) dengn kopi. Lumayan. Alhamdulillah bikin tenang dan bikin bahagia.

4. Membaca
Buku-buku yang masih di dalam kotak setelah pindahan beberapa bulan lalu mulai dikeluarkan satu persatu. Ini waktunya memanjakan diri dengan membaca. Otak juga mulai susah diajak mikir, bacaannya selalu berita yang menurut saya lebih sering bikin kita was-was. 
          

Dalgona coffee and book
Dalgona coffee and book
                                     

Nah, kalau kalian, ngapain aja selama 'libur' ini??

0 comments:

Post a Comment