Mudahnya berwakaf di bank syariah

September 25, 2019


Perbankan, satu kata yang menurut saya gak terlalu penting untuk dipelajari, setidaknya tidak se-urgent pembahasan milenial yang lain. Apalagi di daerah sini, kalau ngebahas soal perbankan dan fungsinya, ya gak jauh-jauh dari memanfaatkan bank sebagai tempat simpan uang. Belum lagi perihal mesin atm yang jumlahnya sangat terbatas, otomatis pilihan bank akan jatuh ke bank yang jumlah mesin atmnya banyak dan tersebar di berbagai sudut kota, ataupun kantornya yang dapat dengan mudah diakses. Hal yang sama juga berlaku ketika saya harus memilih menggunakan bank konvensional atau syariah. Selama fasilitas yang mereka tawarkan terjangkau, tentunya bank-bank tersebut masuk dalam list bank pilihan.

Sayangnya, dan sebenarnya, perilaku ini terbilang tidak tepat. Sebagai daerah yang sudah menerapkan syariat islam dan dengan dikeluarkannya qanun perubahan bank konvensional menjadi bank syariah, sudah sewajarnya pembahasan ini semakin digalakkan. Gimana jadinya kita ketika semua bank di Aceh ini berubah jadi bank syariah, tapi nasabahnya gak punya ilmu yang cukup terkait perbankan syariah.

CIMB Niaga Syariah | Source : Republika

Padahal, banyak sekali kebaikan yang ditawarkan oleh bank syariah. Dari mulai pembayaran zakat online, infaq dan sadaqah, hingga wakaf dalam bentuk uang. Yang terakhir terdengar berbeda kan dari yang lainnya. Kalau dulu, yang namanya wakaf itu terkesan sangat sulit dilakukan, hanya mungkin dilakukan oleh orang yang memiliki harta yang banyak, karena memang yang disumbangkan seringnya dalam bentuk tanah untuk pembangunan masjid dan sekolah misalnya.

Apa itu wakaf uang?

Wakaf dalam bentuk uang atau melalui uang merupakan harta benda wakaf yang diwakafkan oleh wakif berupa Uang (dalam mata uang rupiah). Nominal uang tersebut akan diberikan kepada Lembaga Pengelola Dana Wakaf / Nazhir sebagai dana pembelian suatu objek dan barang tertentu atau diinvestasikan di instrumen keuangan syariah yang kemudian manfaat dan bagi hasilnya untuk kesejahteraan Penerima Wakaf (Mauquf Alaih).

Wakaf uang CIMB Niagar Syariah | Src : here

Keberadaan wakaf uang juga didukung oleh peraturan menteri agama RI Pasal 1 Nomor 4 Tahun 2009 mengenai Administrasi Pendaftaran Wakaf Uang, dimana disebutkan, wakaf uang adalah perbuatan hukum dari Pemberi Wakaf (Wakif) untuk menyisihkan sebagian/seluruh harta nya berupa uang untuk dimanfaatkan dan dikelola oleh Lembaga Pengelola Wakaf (Nazhir) dalam jangka waktu tertentu atau selamanya. Pengelolaan harta benda wakaf berupa uang ini bertujuan untuk keperluan ibadah maupun meningkatkan kesejahteraan umum masyarakat. Peraturan ini didukung oleh peraturan lainya yaitu Pasal 23 UU No.41 tahun 2004 mengenai tata cara mewakafkan uang, Wakif dapat mewakafkan uangnya melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang ditunjuk secara resmi oleh Menteri Agama (Kemenag) sebagai LKS Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU).

Dengan adanya berbagai pedoman terkait pelaksanaan wakaf melalui uang ini, kita sebagai nasabah semakin yakin dengan fitur yang bank ini tawarkan dan dapat dengan mudah mengimplementasikan ibadah jariah ini. So, udah gak punya kekhawatiran lagi kan kalau mau wakaf?


Caranya?

Nah, fitur wakaf ini bisa kita dapatkan dengan hanya membuka rekening di Bank CIMB Niaga Syariah. Gak hanya sekedar menawarkan jasa penghimpunan dan pembiayaan , namun bank ini menawarkan pelayanan yang memungkinkan nasabah untuk berwakaf. Namanya Tabungan iB Mapan.



Source : Tabungan iB Wakaf Mapan


Tabungan iB Mapan adalah program tabungan iB Mapan menggunakan prinsip akad Mudharabah atau bagi hasil dengan HADIAH berupa program Wakaf Melalui Uang sesuai dengan jumlah setoran awal tabungan, dan jangka waktu tabungan nasabah. Dana Wakaf tersebut nantinya akan dibelikan barang atau objek tertentu sesuai program dari lembaga pengelola wakaf (NAZHIR), dengan demikian wakaf ini termasuk kategori Wakaf melalui Uang . Jenis tabungan ini terbagi dalam 2 kategori:

  • Tabungan iB Mapan - Berhadiah Wakaf
  • Tabungan iB Mapan – Menabung untuk Wakaf

Untuk bisa bergabung dengan Tabungan iB Mapan Berhadiah Wakaf, nasabah cukup melakukan beberapa hal di bawah ini :

  1. Nasabah mengisi Aplikasi Pembukaan Rekening Tabungan iB Mapan.
  2. Nasabah mengisi aplikasi Keikutsertaan program hadiah Tabungan iB Mapan berhadiah Wakaf.
  3. HADIAH NOMINAL WAKAF MELALUI UANG tersebut akan langsung disetorkan ke Rekening Lembaga Pengelola Zakat (NAZHIR) yang dipilih selama 14 hari kerja untuk dikelola setelah periode tabungan berakhir.
  4. Nasabah yang mendapat Hadiah Wakaf minimal Rp 1.000.000 ke atas, akan mendapatkan Sertifikat Wakaf dari Bank CIMB Niaga Syariah.
  5. Skema dapat berubah sesuai dengan kebijakan Bank CIMB Niaga Syariah.

Sederhananya, langsung main ke bank CIMB Niaga syariah aja. InshaAllah langsung dibantu sampe ke titik nasabah bisa berwakaf dengan mudah, termasuk adanya 15 Lembaga Wakaf yang memiliki 30 pilihan program wakaf (wakaf Sumur; Pesantren; Masjid; Wakaf produktif, dsb). Proses yang simple, ditambah dengan customer service yang cukup baik sehingga nasabah tidak kebingungan dengan segala proses hingga berwakaf nantinya, jadi satu kelebihan penting dari bank syariah ini.

Jadi, tunggu apa lagi...

Ketika sudah ada bank yang memudahkan nasabah dalam beribadah, rasa-rasanya kita juga udah gak perlu repot-repot mikir harus ke bank mana. Sudah jelas pilihannya ya kan ;). 

You Might Also Like

0 comments