Riung Gunung, Pilihan Berakhir Pekan dengan keluarga

February 26, 2018

Liburan semester usai sudah, tapi waktu yang seharusnya dijadikan waktu liburan justru belum bisa dimanfaatkan. Setiap hari masih ada saja kerjaan yang dituntut untuk bisa selesai sebelum masuk semester baru. *And here I am, in a new semester already*

H-2 sebelum semester baru, ntah darimana idenya, si kakak ngajakin main ke kota sebelah, bawa main ponakan judulnya. Walaupun lebih besar kemungkinan si kakaknya yang pengen keluar dari kota ini, lepas sejenak dari bau-bau kerjaan, dan menikmati makanan kesukaan.

riung gunung
Riung Gunung

Makan dan main di Jantho bukanlah sesuatu yang aneh di telinga saya. Dulu, masa-masa saya berjibaku dengan kuliah di benua biru, ada aja acara keluarga yang biasanya diadakan di Jantho. Ulang tahun, syukuran, atau cuma sekedar berakhir pekan. Kebiasaan ini berakhir begitu saya balik ke kota ini. Terlalu memang :p

Oke, kembali ke Riung Gunung.

**Riung Gunung** merupakan wahana wisata, jika boleh disebut demikian, di daerah Jantho, Aceh Besar. Di tempat ini, anak-anak bisa berenang, anggota keluarga lainnya bisa memancing dengan perlengkapan yang sudah disediakan oleh pemilik Riung Gunung, menikmati sajian makanan Seafood yang menggoda, atau sekedar menikmati minuman kelapa muda sambil memanjakan mata dengan suasana sekitar yang serba menghijau

**How to get there**

Lokasi Riung Gunung dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor. Sekitar 1.5 jam perjalanan dari pusat kota Banda Aceh. Sayangnya, tidak banyak petunjuk jalan menuju lokasi ini. Kalau ada pun, saya hanya menemukan 2 petunjuk jalan. Yang pertama dekat mesjid Jantho, satunya sudah mendekati Riung Gunung.
Peta menuju lokasi riung gunung
Peta menuju lokasi

Untuk yang pertama kali kesana, dijamin akan nyasar berkali-kali. Belum lagi kota ini cukup sepi, mau bertanya pun harus nyari orang yang berlalu-lalang. Bahkan dalam perjalanan pulang pun kita sempat keliling-keliling, alias nyasar hehe

Riung Gunung dulunya termasuk tempat yang cukup padat pengunjung, sabtu kemarin kita udah duluan khawatir padatnya tempat dan ponakan jadi tidak bisa main sepuasnya. Kaget juga ternyata gak seramai yang dibayangkan. Eh tapi menjelang sore parkiran semakin padat ding.

Makanan yang disediakan juga lumayan enak. Sangat enak untuk penikmat Seafood. Ada ikan gurame, ikan mas, dan lain-lain. Saya sempat khawatir harus makan nasi dan lalapan saja. Tapi ternyata menu ikannya enak, jadi ketagihan juga.

Menu Seafood di Riung Gunung
Menu Seafood di Riung Gunung

Kolam untuk anak-anak
Kolam untuk anak-anak

Ponakan? Keasikan berenang dianya. Yaa mau mancing pun kita gak kebagian pancingan, jadi ujung-ujungnya ya berenang, atau main di ayunan saja.

Untuk yang pengen main kesini tapi gak pengen nunggu lama sampe makanannya diantar, bisa coba hubungi mereka *in advance* . Bisa pesan tempat yang nyaman sesuai pilihan, dan menunya bisa datang gak lama setelah kita tiba.




Btw, walaupun kesana enaknya buat liburan, tapi kayaknya untuk kerja juga asik. Dengan angin sepoi-sepoi, membacapun pasti asik.




You Might Also Like

1 comments

  1. wah seru ya bisa liburan sekaligus makan seafood. tapi jauh banget kalau harus kesana.

    www.diahestika.com

    ReplyDelete