Liburan ke Sumatera, Cobain ke Nias Yuk!

February 23, 2018

Salah satu pesona Sumatera yang belum banyak terjamah adalah Pulau Nias. Padahal, pulau ini sangat cantik, dengan pantai berombak besar yang kerap jadi kujugan para peselancar untuk menantang nyali di sana. Ombak di Pulau Nias dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia loh! Demikian pula dengan pantai-pantainya, yang sudah membuat banyak wisatawan internasional jatuh hati kepada pulau ini.
Di antara beberapa pantai cantik yang ada di Nias berikut ini lima pantai terbaik dan wajib banget kamu datangi. Mana saja? Siap-siap ya, siap-sap untuk pengen jalan-jalan
Sorake
Pantai yang terletak di Nias Selatan ini dikenal dengan ombaknya yang tinggi menantang. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga membuat ombak di pantai ini tingginya bisa lebih dari 5 meter. Ombak setinggi ini bisa kamu temui di bulan April sampai Oktober, yang jadi waktu terbaik buat menikmati Pantai Sorake dengan ombaknya yang menjulang.

Sumber: instagram.com @gintocendekia

Untuk menuju Pantai Sorake, kita bisa menggunakan Lion Air ke Medan dan lanjutkan ke Bandara Binaka, Gunungsitoli. Selanjutnya perjalanan menuju Pantai Sorake dapat ditempuh dengan kendaraan minibus,  tarinya pun terjangkau.
Lagundri
Selain pantai Sorake, Nias Selatan juga memiliki Pantai Lagundri yang ombaknya tidak kalah besar. Pantai cantik ini bernama Lagundri, yang jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari Pantai Sorake, dengan ombak yang menjulang, membuat pantai ini kerap jadi lokasi pertandingan surfing bertaraf internasional.

Sumber: id.pinterest.com
Untuk menuju Pantai Lagundri, kamu hanya perlu mengambil rute yang sama dengan arah Pantai Sorake. Selain bisa beli tiket pesawat Lion Air lewat Medan, kamu juga bisa memilih rute lewat Padang lalu menempuh perjalanan darat ke Pulau Nias, pantai ini sangat cocok untuk melepas penat.
Gawu Sooo
Pantai Gawu Soyo adalah satu-satunya yang pasirnya berwarna merah darah di Pulau Nias Utara. Warna ini terjadi karena bebatuan karang jenis tertentu, yang kemudian berubah menjadi pasir karena kerap terkena ombak pantai.

Sumber: id.pinterest.com/

Lokasinya berada di Desa Ombolata, sekitar 100 kilometer dari bandara Binaka. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik pesawat Lion Air ke Kualanamu atau Padang, lanjutkan perjalanan ke Bandara Binaka dan kemudian menempuh perjalanan darat dengan kendaraan umum menuju Pantai Gawu Soyo.
Tureloto
Tidak bisa berenang tapi pengen main di laut, liburan saja ke Pantai Tureloto. Tidak perlu jauh ke Laut Mati untuk merasakan sensasi mengambang tanpa usaha, di Pantai Tureloto kamu juga bisa merasakannya. Dan sensasinya lebih nyaman daripada Laut Mati, karena airnya hangat dan dengan udara yang segar.

Sumber: id.pinterest.com/

Pantai ini membuat kamu mengapung dengan mudah karena tingginya kadar garam di dalamnya. Meski demikian, masih ada makhluk yang hidup di dalam perairan Pantai Tureloto yang terletak di Desa Balefadudorotuho, Nias Utara ini.
Untuk menuju ke sana, kamu bisa memilih rute dari Medan atau Padang dan melanjutkan perjalanan ke Bandara Binaka. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum menuju bibir pantainya.
Biasanya, pantai ini memiliki pemandangan terbaik pada bulan Februari sampai September. Dengan air laut yang tenang dan matahari yang tak terlampau terik, liburan di Pantai Tureloto adalah ide terbaik buat menghabiskan liburan long weekend di Nias.
Pulau Asu
Pasir putih dengan air biru jernih adalah pemandangan utama yang bakal kamu temukan di Pulau Asu. Pulau yang terletak di kawasan Nias Utara ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang memesona, dengan ribuan jenis biota laut yang hidup di dalamnya.
Sumber: instagram.com @discovernias
Untuk menuju Pulau Asu, rute paling cepat dari Pulau Nias adalah dengan menumpang speedboat. Hanya dengan waktu kurang dari 45 menit, kamu sudah sampai di pulau ini. Namun biayanya memang lebih mahal daripada sampan biasa, yang memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk menyeberang.
Apapun pilihan transportasi yang kamu pilih untuk menuju Pulau Asu, pemandangan setelah sampai di pantainya pasti membayar semua lelahmu. Pemandangannya cantik, dengan ombak yang menantang untuk ditaklukkan.
Nias memiliki sejuta pesona yang nggak akan terlupa. Selain lima pantai di atas, masih ada banyak hal menarik lain dari pulau ini.

Siapkan tiket pesawat Lion Air kamu sekarang. Nias siap menunggumu kapanpun kamu mau liburan ke sana!

You Might Also Like

2 comments

  1. Agak sungkan karena rame nonmuslim kak.. hehe. Padahal bagus-bagus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh..kerasa ya perbedaannya? padahal penasaran kali sama daerah ini. baca-baca lagi lah, siapa tau situasinya udah rada enakan :)

      Delete