The Circle of Kindness

July 26, 2016

The circle of kindness atau lingkaran kebaikan adalah suatu shape of action yang terus menerus bergerak dari satu orang ke orang berikutnya, yang kemudian tanpa disadari kebaikan itu akan kembali ke si pelaku pertama. 

Kita, eh saya, percaya ketika melakukan suatu kebaikan, maka kebaikan itu akan kembali ke diri kita lagi. Bukan (mesti) langsung dari si orang yang kita tolong misalnya, tapi bisa jadi dari orang yang sama sekali tidak kita duga. Kebaikan itu seperti boomerang, sejauh apapun ia dilemparkan, pasti akan kembali. Hal yang sama berlaku ketika melakukan hal yang tidak baik


"Carry out a random act of kindness, with no expectation of rewards, 
safe in the knowledge that one day someone might do the same for you" 
(Princess Diana)


Pernah nonton video bagaimana satu kebaikan yang dilakukan oleh satu orang, berlanjut terus hingga akhirnya kembali ke si pelaku di awal scene?  Itu bukan hanya cerita settingan kok.

Sekitar 2 tahun yang lalu seorang teman yang baru pindah ke kota kecil di Jerman kewalahan nyari apartement padahal waktu kuliah udah di depan mata. Mau numpang di rumah orang belum banyak yang dikenal, sedang teman-teman sedaerah nyebar di kota-kota lain yang jaraknya cukup jauh. Sampai akhirnya si teman ketemu satu student asing yang dengan senang hati nyariin apartment dan ngebantuin si teman nyelesain urusan-urusan di awal kepindahan ke kota itu. And you know what, katanya beberapa tahun sebelumnya dia pernah di bantu mahasiswa asing yg lain, dan mahasiswa asing yg dimaksud ternyata senior si teman saya ini. 

Ini cuma satu dari beribu cerita serupa.  

Dari obrolan dengan beberapa teman dekat, hanpir semuanya punya pemikiran yang sama tentang act of kindness ini. Setiap orang yang mendapat bantuan. mendapat kebaikan dari orang lain, pasti ingin melakukan hal yang sama ke orang yang lain, pasti ingin mendapatkan kebahagian yang serupa setelah bisa membantu sesama. Tapi jangan sampe kebaikan yang dimaksudkan justru di salah artikan oleh orang lain, bukannya kita akan mendapatkan kebahagian (karena alhamdulillah bisa bantu sesama), tapi malah dianggap terlalu ikut campur dalam urusan orang lain. 

Mahatma gandhi quotes about kindness
Mahatma Gandhi Quoets | Src : http://goo.gl/9fwiE6
Ketika kita bisa berbagi suatu hal dengan orang lain, dan mereka (langsung) membalasnya dengan ucapan terima kasih, atau hanya dengan seulas senyum, bukankan hati kita ikut merekah saking gembiranya? Sepele kata sebagian orang, but thats what people say a little of kindness can brighten the day

Bisa jadi secara gak sadar kita udah ikut berada dalam lingkaran the circle of kindness itu sendiri. (Mungkin) tanpa sadar kita udah dibantu (banyak) oleh orang sekitar, dengan kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan selama ini. Dan semoga (tanpa perlu disadari) kebaikan-kebaikan ini terus mengalir dari satu jiwa ke jiwa yang lainnya. Sehigga semua bisa ikut merasakan kebahagiaan yang sama. 





-small thought in the corner of hospital- 

You Might Also Like

0 comments