3 Hal Yang Paling Tidak Disukai si Pecinta Buku

July 21, 2016

Saya dan kakak sama-sama punya kebiasaan beli buku, ngoleksi buku, dan tentu aja baca buku yang dibeli itu. Si kakak baca segala jenis buku, koleksinya dari komik dan novel super jadul, buku-buku bacaan yang sebelumnya gak punya sendiri  dan sebenarnya udah dibaca berkali-kali, dan gak sedikit buku-buku dari penulis terkenal yang rencana akan dibaca tapi sampe saat ini masih ada yang terbungkus rapi. Beberapa koleksi jadul yang kita punya misalnya Serial Rumah kecil di padang rumput, serial 5 sekawan dan trio detektif, komik-komik jepang yang alur ceritanya masih cukup bermartabat dan gambarnya masih cantik dan gak aneh-aneh, dan masih banyak lainnya.

Bacaan yang saya koleksi sedikit berbeda dengan si kakak. Beda bahasanya hehe *belagu. Kebanyakan berbahasa inggris dan si kakak gak akan ngerti kalaupun coba baca. Tapi saya juga penyuka bacaan-bacaan jadul. Di bagian yang sama ini, biasanya cuma salah satu dari kita aja yang beli, berhubung pustaka mininya di rumah si kakak, sedang saya belum punya sendiri *hiks. Cukup lah dibeli satu, di baca bergantian nantinya.  Dan sejak di sini, si kakak lah donatur utama untuk belanja buku-buku, dan saya kebagian yang bacanya hehe

Serial Rumah kecil di Padang Rumput
Serial lama koleksi keluarga laura Ingalls Wilder | Src :http://bit.ly/29XdDcX
Bagi saya pribadi, buku itu semacam dunia lain yang bisa saya nikmati sendiri. Alur cerita dan tokoh-tokoh yang hadir bisa saya bayangkan sesuai keinginan saya. Buku juga saya jadikan dunia tempat saya bersembunyi dari kenyataan kegiatan sehari-hari yang seabreg banyaknya.  Semacam pelarian dari hiruk-pikuknya dunia *halah

Book lovers live a thousand lives
I've lived a thousand lives | Src : http://bit.ly/2ab3L2A
Sebagai pecinta buku, ada satu kesamaan lagi antara saya dan si kakak. Well.. walopun saya pribadi baru menerapkan aturan ini setahun terakhir. Kita sama-sama gak suka minjamin buku ke orang (yang bukunya dibawa pulang). Kenapa? Karena kita gak siap ketika bukunya dikembalikan nanti dalam keadaan berikut ini :

1. Lembaran buku yang terlipat
Lemes rasanya kalau melihat buku kesayangan kita yang dipinjam terlipat (sedikit) lembarannya itu, sakitnya itu sama kayak laptop ketumpahan kopi. Bisa sih diperbaiki, tapi udah gak sempurna bentuknya. Kasian juga melihat si buku yang bentuknya gak karuan (dikit). Dan gak sedikit orang yang minjam buku melipat ujung lembaran sebagai penanda baca. Saya ngeliat buku itu seperti ternoda *elahh
Pembatas buku lucu bentuk monster
Lembaran jangan dilipat, pake pembatas aja | Src : http://bit.ly/2a25Y01

2. Ketumpahan makanan / minuman
Pfiuhh... yang ini sakitnya agak beda lah. Yang namanya ketumpahan kan gak disengaja. Beda dengan yang secara sadar melipat lembaran buku *ngelirik yang suka lipat-lipat

Sebagai pecinta buku (yang suka banget dengan bau kertas) , saya selalu menjauhkan minuman dari buku, atau makan tidak sambil membaca. Walopun biasanya baca sambil ngopi, posisi mug nya rada dijauhin dan ketika minum agak jauhan dikit dari buku. Karena tanpa sadar kadang suka ada bintik-bintik kecil cipratan minuman, atau remah-remah makanan yang nempel dengan cantiknya di halaman bacaan.  Taukah kalian bercak-bercak itu lebih sering gak bisa dihilangkan? o.O


3. Bentuk fisik buku yang berubah
Selain 2 hal di atas, yang lumayan sering ditemui adalah bentuk fisik buku yang berubah. Salah satunya lembaran buku yang terlepas (banyak). Sebenarnya tetap bisa dijilid ulang, tapi bentuknya tetap berubah kan ya?

Beberapa kali minjamin buku ke teman yang punya balita, dan ketika bukunya dikembalikan, si ibu cuma bisa bilang maaf ya.. gak maksud ngerusak, namanya juga anak-anak. Grr.. iyaa.. tapi bukunya kan situ yang pinjam >.<

Saya lebih senang kalau bukunya hilang sekalian daripada (di)rusak, karena artinya si peminjam bisa beliin yang baru hehe, sedang yang rusak tetap akan dikemmbalikan gimana pun bentuknya *hiks

Ada lagi yang punya kebiasaan baca trus posisi bukunya dibuat terbalik, maksud hati mungkin sebagai penanda halaman baca terakhir. Tapi kalau dibiarkan terbalik terlalu lama, bisanya bukunya bakalan megar bentuknya, mengembang kayak adonan kue dipakein fermipan. Duh

Buku terbuka dan dibalik posisinya
Buku yang terbuka | Src : http://bit.ly/2aedgwz

Sebagian orang mungkin akan berfikir gak perlu sebegitunya sama buku, biasa aja, jangan lebay, dan masih banyak kalimat-kalimat lainnya. Tapi bagi pecinta buku, buku itu semacam harta karun yang harganya tak ternilai. Untuk beli bukupun gak jarang harus nabung atau ngirit jajan, demi seratusan lembar tulisan. Sama halnya dengan penyuka gadget, pasti akan ngelakuin yang sama. Atau yang punya hobi-hobi lainnya. Begitu juga dengan pecinta buku.

Ada yang punya pengalaman buruk dengan pinjam-meminjam buku? Boleh lah di share pengalamannya :)


NB : Untuk kalian-kalian yang bukunya pernah saya pinjam, ketumpahan makanan, ataupun malah berubah bentuknya, inbox ya.. inshaAllah diganti :)




You Might Also Like

8 comments

  1. Rese bangetnya lagi kalau yg minjam enggak balikin. Beeeuh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beuhh.. itu perlu dikejar sampe bukunya dikembaliin dalam keadaan utuh :D

      Delete
  2. Apalagi saat baca buku, ada halaman buku yang hilang atau cacat produksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah donk kayak gitu, sampe mentioned2 penulisnya di socmed haha

      Delete
  3. Saya pernah merasa bersalah karena termasuk yang tidak suka meminjamkan buku. Ada yang mengatakan itu hal pelit dan tidak baik. Saya pikir yang menyebut saya pelit tersebut Jarang beli buku dan tidak pernah kehilangan saat bukunya dipinjam. Iya buku-buku yang saya pinjam kan jarang kembali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gitu tuh yg gak enaknya, padahl ya kita beli buku dengan ngorbanin gak jajan lah.. huhu

      Delete
  4. saya setuju banget dan secara keselurhan saya pun sama seperti kamu. cuma untuk masalah meminjam buku, saya suka memberi pinjaman tapi hanya ke beberapa orang yang saya percayai dan sebelum meminjamkannya selalu saya wanti-wanti untuk berhati-hati seperti, tidak boleh ada yang rusak atau dilipat dsb. kalau yang meminjam setuju, maka saya beri pinjam bukunya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah orang-orang terdekat yang suka baca,,bacaannya beda genre sama yg saya punya...aman deh *lahh kok kayak pelit :D

      Delete