Menikmati Alam di Kawasan Batu Megah Externsteine

June 14, 2016

Menikmati alam nan hijau, dihiasi permadani hijau dan bunga-bunga rumput nan cantik, pepohonan di sekeliling, langit dan cuaca yang bersahabat, dan dengan sahabat-sahabat terbaik tentunya menjadi salah satu escapade terbaik.  Dan kali ini, saya ingin menuliskan tentang sebuah lokasi wisata di penghujung NRW yang sempat saya kunjungi beberapa hari sebelum akhirnya saya pulang ke Indonesia. Externsteine (baca : eksternstaine)  namanya. 

Bongkahan batu di externsteine
Externsteine | Src : tourismus.teutoburgerwald.de/
Externsteine adalah salah satu tempat wisata alam yang bisa dimasukin ke list destination di Jerman, recomended malah. Ntah kenapa tempat nan asri ini jutsru baru saya dan teman-teman tau (dan kunjungi) setelah beberapa tahun di sana. padahal lokasinya masih di bundesland yang sama dengan tempat kita tinggal.

Tempat wisata yang satu ini dipenuhi dengan bongkahan batu pasi dengan ukuran yang sangat besar, terletak di kawasan hutan Teotoburg, di dekat kota Horn-Bad-Meinberg, di utara North Rhein Westphalia (NRW).  Sepanjang perjalanan hingga tiba di lokasi utama, kita bisa menikmati hiking (level ringan lah) dan rimbunan pohon menghijau yang adem di pandang.

On the way to externsteine
externtsteine
Kawasan ini telah menjadi pusat kultus pagan sampai Charlemagne menghapuskan paganisme Saxon di 782 AD, yang kemudian dimanfaatkan oleh pertapa Kristen sepanjang Abad Pertengahan. Menurut sejarah,  sang Kaisar melarang praktek paganisme di tanahnya. Tak lama kemudian, para biarawan pertapa duduk di gua pada dasar batu-batu di Externsteine, mereka juga kemudian membuat tangga dan relief indah di dinding, dan menggunakan sebuah kapel tak beratap spektakuler di atas sebuah pilar tinggi untuk berdoa.

Seiring berjalannya waktu, bongkahan batu ini mengalami pergeseran fungsi. Selain sebagai objek wisata yang, beberapa kelompok aliran kepercayaan seperti New Age dan Neopagan kerap mengunjungi situs ini pada musim dingin dan musim panas


How to get there



Untuk memudahkan, saya mengambil point awal keberangkatan dari Koln Hbf. Kalo seandainya berangkat dari kota kecil, ya tinggal disesuaikan.

Perjalan memakan waktu sekitar hampir 3.5 jam dari Koln, dengan 2 x umsteigen aka transit di Hamm (Westf) dan Paderborn Hbf.  Berhubung perjalanannya cukup jauh dan kita pastinya pengen berlama-lama menikmati externsteine, akan lebih disarankan untuk berangkat lebih awal dari kota asal, dan milih perjalanan dengan umsteigen yang lebih dikit. Jadinya bisa sekalian istirahat selama perjalanan. Apalagi student ya, setelah ngerjain tugas atau project trus kabur buat jalan-jalan, pasti lebih milih perjalanan yang bisa rada lamaan tidur di keretanya hehe

Jadwal perjalanan dari koln ke externsteine
Contoh jadwal perjalanan | www.bahn.de

Untuk tiket, student di NRW tentu gak perlu ribet mikir beli tiket, cukup manfaatkan semester tiketnya. Sedang untuk yang non -NRW, mungkin bisa memanfaatkan wochenende, ataupun tiket yang untuk travel 1 bundesland. Detailnya, silahkan ditanyakan di reisezentrum terdekat, siapa tau ada tiket murah dan terjangkau lainnya.


What to prepare

Maret - awal april yang biasanya udah lumayan hangat di kota-kota lain ternyata jauh berbeda dengan di sini. Angin yang cukup kencang membuat pengunjung tetap harus bertaha dengan jaket-jaket tebal. Dimana aja memang kalau travel (terutama di negri 4 musim) harusnya yang namanya cuaca di cek sebenar-benarnya, dan tetap harus waspada walaupun katanya cuacanya hangat sekalipun. Karena perubahan cuaca bisa terjadi setiap saat. Trus, karena ini kawasannya lumayan menanjak (dikit), maka sepatu yang digunakan harus lah proper. 

Selain pakaian, makanan alangkah baiknya juga dibekali sedikit dari rumah. Terakhir kesana cuma ada 1 resto ala-ala yang ngejual makanan ala-ala juga. Harganya juga lumayan (mahal untuk student kere hehe). Bekal semacam sandwich yang bisa dibeli di stasiun kereta bisa dijadikan pilihan juga. 

Little tiny sweet house near the lake
Little house, dekat jalan masuk ke externsteine

Mungkin kalau kesana di musim panas, bakalan asik juga untuk piknik dengan keluarga, but have to keep in mind, summer biasanya dimana-mana rame pengunjung juga. 

Trus lagi, karena lokasinya yang cukup jauh, be aware dengan jadwal bus dan kereta balik ke kota asal. Untuk mengatasinya, memang harus dijadwalkan berapa lama jalan-jalan di sini, dan perkirakan jarak yang ditempuh, sejauh mana dari halte bus. Oya..di dalam kawasan ini ada halte bus nya, gak jauh dari lokasi jual souvenir, jadi gak perlu jalan jauh *dulu saya gitu saking gak taunya hehe, but still be aware ya :)


Have fun jalan-jalan menikmati alam! :)


Source
http://www.sacred-destinations.com/germany/externsteine
https://www.tripadvisor.com/Tourism-g651894-Horn_Bad_Meinberg_North_Rhine_Westphalia-Vacations.html

You Might Also Like

6 comments

  1. Saya malah blom pernh ke sini neh mbak duhh kok saya kurang info deh hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. recomended mba kalu traveling ke jerman :)

      Delete
  2. Next destination yang pengen banget saya kunjungi GERMAN! Semoga saya juga bisa ke sana :)

    Terima kasih btw informasinya dan sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :) . Smeoga kesampain ke jerman nya yak :)

      Delete