Period Tracker, My calender

April 05, 2016

Postingan ini cuma review ala-ala (dan tidak berbayar) untuk sebuah aplikasi yang menurut saya cukup bermanfaat. Aplikasi ini bernama Period Tracker, My Calender.  Mungkin udah banyak yang make aplikasi ini, tapi masih banyak juga yang belum tau, atau belum tau untungnya dimana, atau mungkin ngerasa gak penting-penting amat. Bisa jadi.

My Calender in Appstore | Src : http://bit.ly/1aPYbfe
Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu sempat konsul ke dokter kandungan. Bukan, saya bukan hamil kok, tapi konsultasi secara regular gak ada salahnya, walopun sebenarnya ini baru kali kedua saya konsul haha.  Nah, pas lagi konsul dokternya nanya soal siklus haid dan hal-hal yang terkait. Alhamdulillah saya pake aplikasi ini udah 2 taonan, jadinya saya bisa sekalian nunjukin smuanya ke si dokter.




 So, seberapa kebantunya sih make aplikasi ini?

Dulu awal-awal make tujuan saya untuk mengatur planning traveling ntah kemana, atau buat janji-janji penting. Berhubung saya rada malas traveling di awal-awal masa haid, dan juga biasanya suka nyeri, maka saya nghindari agenda-agenda penting atau pun kegiatan fun yang memaksa saya untuk bergerak secara aktif. Nah, aplikasi My Calender ini nyatat history haidnya kita,  juga ngasih prediksi haid di bulan mendatang. Yah, walopun keakuratannya gak 100%, tapi cukup banyak membantu. Jadi misalnya saya disuruh milih jadwal oral exam di kampus dulu, jujur saya ngecek aplikasi ini, karena inshaAllah (dulu) saya gak akan mampu ujian kalo lagi haid *hiks . Atau pas teman-teman ngajak jalan kemana misalnya, saya harus sesuaikan dengan jadwal haid saya dulu




Trus pas ke dokter minggu lalu itu, saya diminta nyebutin tanggal haid dari beberapa bulan yang lalu. Duh.. susah kalau gak sengaja dicatat sendiri, ntah itu di manual calender atau note. Sempat kelabakan juga. eh ada My Calender, jadinya saya malah bisa nyebutin punya setaon lalu.  Info-info ini mungkin gak terlalu penting untuk kita, tapi bisa jadi sewaktu-waktu dokter butuh informasi itu.

Cuma ngetrack jadwal haid aja?? Nope, banyak lainnya juga kok.  Di calender nya kita bisa ngecek ovulation, fertile time nya, dimana aplikasi ini menggunakan luteal phase length untuk memprediksi ovulation berikutnya. Ada juga nampilin statistic haidnya. Trus data-data yang kesimpan disana bisa dibackup dan kirim ke email, in case ntah hapenya yang bermasalah misalnya. Nah, ntar pas aplikasi diinstall ulang, kita bisa langsung restore data-data sebelumnya, jadi complete lagi informasinya.

Kalau mau utak-atik aplikasi ini, pasti bakalan nemu banyak feature yang bagus, yang cukup membantu kaum perempuan :)

Oiya.,. masih banyak aplikasi serupa di app store, My Calender ini cuma salah satu aplikasi yang gratis dan juga mudah digunakan.




You Might Also Like

6 comments

  1. Whehe... saya juga pake kak :D

    ReplyDelete
  2. Wah tertarik, nih! Lumayan penting juga nyatet tanggal haid gini, mengingat haid aku jadwalnya gak teratur :( sementara aku pengen donor darah. Makasih, ya, Mbak, nanti aku install deh.

    Aplikasi ini ada di Android, kan, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mba,,di android, gak tau klo iOS ada atau gak.

      bener banget, berguna banget aplikasi ini untuk yg jadwal haidnya gak teratur

      Delete