Lulusan Jerman? Yuk Ikutan

February 12, 2016

Sebelumnya saya pernah nulis tentang persiapan menjelang pulang for good dari Jerman ke Indonesia, dan ternyata saya missing 1 point penting, yaitu pendaftaran CIM. Dan ini termasuk yang paling sering ditanyain. 

CIM atau Centre for International Migration and Development merupakan badan dibawah naungan German Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) yang bertugas untuk mengimplementasikan Returning Experts Programme (RE).  RE Program ini  bertujuan untuk mendukung alumni Jerman yang telah menyelesaikan masa studinya di Jerman untuk dapat bekerja secara optimal di negara asal sehingga dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan ekonomi, teknologi dan sosial di negaranya. (Source : PPI Goe)



Bantuan yang diberikan bisa berbentuk tiket pulang ke negara asal, tunjangan kerja dan magang. Belakangan mereka juga memperkenalkan program baru yaitu BID - Business Idea Development dimana para alumni yang berminat ( dan memenuhi syarat) akan mengikuti kelas khusus di bidang bisnis dan pengembangannya. 

Nah, proses untuk sampe bisa dapat tunjangannya gimana?

1. Registrasi
Untuk registarasinya, sebaiknya dan disarankan untuk dilakukan selama masih di Jerman. Pengalaman dulu, saya registernya bersamaan dengan diadakannya seminar pengenalan CIM di Berlin. Selama 2 hari kita bareng yang akan pulang ke indo dibekali banyak informasi. Dan setelah registrasi, kita akan mendapatkan no application nya. Kalau gak dapat email pemberitahuannya, coba di cek lagi..registrasinya di link yang mana.  Dua orang temen saya ngakunya udah register dari kapan tau, tapi gak pernah dapat no applicationnya, ternyata salah link. Lahh

2. Dokumen 
Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk tahap awal misalnya Abmeldebestaetigung - lembaran yang kita dapat dari stadthaus menjelang kepulang ke tanah air , copy ijazah, paspor dan visa terakhir. Kesemuanya bisa dilegalisir di jerman atau via CIM advisor di tanah air. 

In my case, sebelum surat-surat itu di legalisir, pihak kantor mengirimkan permohonan kebutuhan pekerja (returning expert) ke perwakilan CIM di jakarta. Saya sendiri juga diminta untuk menghubungi mereka. Barulah setelah permohonan di approved, korespondensi dengan advisor makin sering terkait aplikasi. Smuanya ditanyain, sampe se-detail2nya . Mudah-mudahan advisornya gak kesel tiap email saya masuk :D

Setelah dokumen awal ini selesai dan hal-hal lainnya (yang saya gak tau apa haha), saya dihubungi langsung oleh pihak CIM Jerman, untuk kemudian diminta mengirimkan berkas-berkas lainnya langsung ke Jerman visa pos, bukan email. Semua dokumennya bisa didownload di link cim langsung.

Selesai disitu? Belum

3. Kontrak
Dokumen smua udha diterima di jerman, udah direview juga, kita akan dikirim kontrak yang harus ditanda tangani dan dikirim langsung pake pos. Dan belakangan mereka akan ngirim balik kontrak tersebut. 

Selain itu juga kita diminta untuk ngirim progress report by the time they have decided. 


Berapa lama semua prosesnya? Pengalaman saya sekitar 4 bulan, dan kabarnya di akhir bulan ke 4 baru tunjangan sallary nya dikirim *smoga :D

*****

Yang harus selalu diingat dan gak boleh sampe lupa adalah komunikasi dengan advisor CIM sendiri. Pada saat nyiapin aplikasi, saya berkali-kali kurang lembaran ini lah, itu lah, salah ngisi lah. deuuh.. riweuh sendiri. Alhamdulillah kejadiannya pas mau ngirim berkas via email, gak kebayang kalau ngirim ke jerman pake lupa-lupa gitu.. mahaal  bayarnya :D


Betewe, ini juga salah satu keuntungan jadi alumni jerman loh *kedip-kedip






You Might Also Like

0 comments