Jalan-jalan ke Kampung Edukasi Watu Lumbung

November 18, 2015

Yogyakarta terkenal dengan wisata budaya dan kulinernya. Belakangan wisata alam seperti hiking juga menjadi daya tarik tersendiri.  Salah satu tempat wisata baru yang menyajikan banyak hal adalah kampung edukasi Watu Lumbung. Tempat wisata ini terletak di daerah Parangtritis Yogyakarta. Sekilas mungkin tidak terlihat terlalu menarik karena terletak di bukit yang gersang, pepohonan yang ala kadarnya, dan jalan yang cukup menanjak.  Tapi ketika sudah berada di dalamnya, maka kita bisa dapatkan banyak hal.



Kampung edukasi ini memiliki beberapa venue dengan masing-masing tema yang berbeda. Di venue pertama tema yang diangkat adalah menanam pohon.   Sebagai pengunjung, kita di"wajibkan" untuk menanam pohon buah / sayur sebelum kita memesan makanan dan minuman disana. Jangan khawatir, karena sarananya udah disediakan, kita cuma perlu ambil bibit yang ada dan masukkan kedalam polybag yang sudah ada tanahnya. Pohon-pohon yang telah ditanam tadi akan memenuhi lahan tandus disana. Buah dan sayuran tadi juga dapat dihidangkan kepada para pengunjung.  Ntah karena saya baru sekali mengunjungi tempat ini, ntah juga karena datang dari tempat yang cukup jauh, saya dihadiahi buah-buahan yang bentuknya kayak anggur - tapi ukurannya lebih kecil, rasanya asam dan kecut tapi baik untuk kesehatan.

bibit tanaman dan polybag

Gak jauh dari sana ada perpustakan mini yang penuh dengan bacaan. Pernah dengar juga katanya di salah satu venue itu kita bisa pesan makanan dan minuman dan membayarnya dengan  beberapa buku yang layak baca. Wahh

banyak buku sumbangan dari komunitas yang ada disana

Setelah nanam bibit tadi, kita langsung menuju ke "cafe" alias pondok-pondok kecil yang dibangun dari bambu. Semilir angin dan pemandangan pantai parangtritis di kejauhan menjadi salah satu suguhan menarik dari kampung edukasi ini, sambil tentunya mengobrol santai dengan teman-teman, atau sekedar bersantai sambil menikmati menu-menu traditional yang ada.

Cemilannya enaakkk

Kata si empunya, di venue berikutnya pengunjung diminta untuk baca puisi, bisa dibuat sendiri atau dibaca yang udah disediakan disana. Menarik ya. Walopun akhirnya saya cuma stay di venue yang pertama karena cuaca yang cukup panas hari itu, dan emang udah kelelahan sebelum kesana *alesan!

Pemandangan cakeeppp| Src : google
Walopun akhirnya cuma stay di venue yang pertama tanpa mampir ke venue-venue lainnya, tapi cukup bikin senang dengan bisa ikut serta menghijaukan daerah tandus itu, dan tentunya dengan suasana yang nyaman disana

You Might Also Like

4 comments

  1. Seru banget deh jalan-jalan ke kampung edukasi-nya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. klo ke sekitaran jogja..jangan lupa mampir yak :D

      Delete
  2. Asyik sekali jalan-jalan ke situ.. bisa buat belajar juga. Inspiratif tempatnya, bukan hanya untuk wisata, tapi ada edukasi buat menanam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba.. nyaman tempatnya :)

      Delete