Menikmati Weihnachtsmarkt di Jerman

December 13, 2014


Kurang dari 3 minggu menjelang akhir tahun, artinya jadwal submit thesispun semakin dekat, jumlah tugas yang harus dikerjain semakin dikit tapi nilai yg dikumpul belum mencukupi utk lulus, artinya....liburan akhir tahun ini harus dialokasikan utk belajar *hiks..

Ah ..g enak ah bahasannya, ganti jadi cerita akhir taon di Jerman aja ya ;)

Tiap tahunnya, dari akhir november sampe 1 hari sebelum natal, kota-kota di Jerman akan dipenuhi dengan pasar natal, atau yang lebih dikenal dengan nama Weihnachtmarkts.  

lokasi weihnachtmark di jerman | src : http://www.germany-christmas-market.org.uk/


Di setiap kota, bisa lebih dari 1 pasar natal. Berlin misalnya, kabarnya ada 80 Weihnachtsmarkt  tersebar, ada yang ala jerman, ada ala poland, inggris dan lainnya. Bonn sendiri cuma punya satu di pusat kota, dan ramenya juga gak ketulungan, terutama weekend. 

weihnachtsmarkt di Dresden | Src : google

Ada apa sih di weihnachtmarkts? Ada banyak. 

Event ini menawarkan hal-hal yang gak bisa didapat di hari-hari biasa. Minuman misalnya, ada 2 jenis minuman khas event ini ; Glühwein minuman beralkohol terbuat dari red wine dan spicies, biasanya dihidangkan dalam keadaan hangat. Cocoklah diminum sambil menikmati dinginnya musim dingin, satunya lagi kinder punch, yang kalo saya dan teman-teman lainnya nyebut minuman ini dengan glühwein non alcohol. Gak jarang kita diketawain sama yang jual pas beli kinderpunsch ini, dianggap udah adult enough tp beraninya cuma minum non alkohol. Yang biasanya disambut ketawa puas kawan-kawan lainnya --'

Selain 2 minuman ini, bukan berarti mereka gak menyediakan minuman-minuman lainnya, kayak bir, coklat panas, tapi emang khasnya ya 2 ini, sedang minuman lain..di musim-musim lainnya juga bakalan ada, tanpa harus nunggu akhir tahun. 

churros | Src : http://www.foodspotting.com/

Ada minuman, ada juga makanannya. Reibukuchen, sejenis bakwannya indo tapi terbuat dari kentang, dan enak  dimakan dengan saus dari apel.Ada juga churos, makanan yang terbuat dari pastry yang digoreng di minyak panas dan ditaburi gula atau coklat, kadang manisnya kebangetan, tapi tetap enak kok :D . Selain itu, disetiap tokonya, biasanya mereka juga menawarkan aneka kacang-kacangan, zuckerherzen - coklat yang berentuk love, yang dihiasi dengan kalimat-kalimat semacam ; " ich liebe dich" , "ich bin ledig ( I am single)" , " willst du mir heiraten? (will you marry me? )" dan masih banyak lainnya. Kalimat yang terakhir baru sekali ngeliat dan langsung ngakak haha..niaat.niat Ada juga yang menjual berbagai jenis handycraft, dan harganya tentu lebih mahal dari hari biasa.



nemu ini di weihnachtsmarkt prague..enak :D | src : google

Itu secara umum apa yang ditawarkan Weihnachtsmarkt. 

Beberapa weihnachtsmarkt disajikan dengan gaya yang berbeda. Siegburg misalnya, kota kecil yg hanya 20 menit dari Bonn ini menghadirkan weihnachtmarkt dari abad pertengahan. Lampu-lampu yang menghias diganti dengan api unggun kecil atau lilin, para penjual (dan g jarang pengunjung juga) berpakaian ala-ala abad pertengahan tadi. pertunjukan yang ditawarkan juga sama jadulnya. Kurang lebih kayak nonton film-film semacam robin hood  gitu lah. Pasarnya cukup kecil dibanding yang ada di Bonn, tapi karena yang mereka tampilkan beda dari kebanyakan, jadi betah berlama-lama disini. 
tarot reading in Siegburg
siegburg weihnachtsmarkt  | src : google

"Tapi segimanapun enaknya makanan dan mnuman yang mereka sediakan, sebagai orang indonesia yang baik dan bangga akan budaya negara tercinta (ya kaleee), yang namanya hujan/salju..dingin lah intinya..ya enaknya sambil ngebakso, ngebandrek, bajigur, ya gitu-gitulah" , kata teman yang baru nyampe jerman :D

Gak kebayang kalo bnran ada yang jualan bakso disana, I'll be the first lah :D


Well...Weihnachtsmarkt  ini masih akan buka sampe 1 hari menjelang natal, so untuk yang penasaran pengen liat, pengen menikmati event akhir taonnya jerman,  you still have time to visit and have some fun with friends :)

perusuh weihnachtsmarkt dr bonn :D






You Might Also Like

10 comments

  1. Europe memang trkenal dgn Christmas market ya kak... Di Manchester jg ada, kebanyakan pedagangnya dr Jerman. Di Leeds malah namanya German market :D
    Di Salford ada Victorian Christmas Market, jd pedagangnya brpakaian ala zaman victoria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh pengen liat banget itu yg ala zaman Victoria..pasti cantik2 :)

      Delete
  2. Churros lagi terkenal banget loh mir disini. Aslinya makanan meksiko kan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spanyol bukan ya? Hahaha..kayak cakwe bukan sih? Mendadak jd pengen churros deh

      Delete
  3. waduh, nggak kebayang deh main ketempat yang rame kayak gitu.. biasanya yudi suka pusing sendiri klo di tengah orang rame gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha sama yud.. cuma kalau udha nemu apa yg disuka disana, pasti datang lagi :D

      Delete
  4. ena, yummy dan seruuu :D
    kapan bisa ke sana ya :D

    ReplyDelete
  5. Dlu pas masih sekolah, belajar bahasa Jerman dengan harapan makin lancar dan bisa ke sana. Baca tulisan ini, smakin kuat keinginan untuk ke Jerman :)
    Nice tulisannya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, makasih juga udha mampir :)
      semoga niatnya kesampaian ya :)

      Delete