[Bukan review] Serba-serbi buku

October 13, 2014

Yeyy..Akhirnya kembali baca buku. Buku dalam bahasa indonesia ! *klo english berasa lagi ngerjain thesis soalnya :D


Sebenarnya dari 2 tahun terakhir, ada beberapa buku dalam bahasa indo yang nangkring dengan cantiknya di rak, tapi cuma 2 dari sekian banyak buku yang beneran habis dibaca. Awalnya karena lebih tertarik sama beberapa buku barat yang slalu nambah jumlah koleksinya, belakangan karena emang malas aja nyentuh buku-buku itu. Yang isinya terlalu berat lah, yang udah ketahuan endingnya lah, dll masih banyak alasan lainnya.


1. Drunken Master
Simply, buku ini unik!
Susunan kalimat disetiap tulisannya emang gak biasa. Awalnya rada-rada aneh ngeliatnya. Ngerasa kalo tulisannya jadi gak cantik dan gak enak aja untuk dibaca. Tapi itu cuma diawal. Begitu masuk paragraph berikutnya,halaman selanjutnya, justru menariknya buku ini makin kelihatan.

src : google
Banyak ilmu yang bisa diambil dari buku ini. Gimana cara si penulis membantu orang yang kekurangan, interaksi beliau dengan keluarga dan orang sekitar, dan candaannya yang renyah.


Kalau gak suka baca buku, ngikutin blognya atau twitnya juga seru kok

2. Buku Salim A Fillah

Saya tau si penulis emang rada telat dibanding teman-teman lain yang udah koleksi buku beliau dari kapan tau., yang udah suka meng-quote- kalimat-kalimat cantik beliau.  Buku pertama yang saya (sadar) baca judulnya “Saksikan bahwa aku seorang muslim “ , dan yang kedua “ Dalam Dekapan Ukhuwah” . Belakangan baru sadar bberapa buku sebelumnya juga baca tanpa tau siapa penulisnya :D


Kalimat yang tersusun disetiap tulisan beliau sangatlah cantik. Isinya pun kaya akan sejarah. Agak sedikit berat bahasannya kata sebagian orang, tapi menurut saya apa yang beliau paparkan di buku ini mudah dicerna, dan membekas banget. 

src : google

3. Habibie dan Ainun
Salah satu buku yang sangat inspiratif - yang sampe saat ini belum selesai saya baca. Mana buku pinjaman pula *opps.  

Gak perlu komentar lah ya. sebagian besar pasti udah baca, atau setidaknya udah baca resensi. Siapa sih yang gak kenal Pak Habibie? dengan sepak terjangnya yang luar biasa, yang romantika kehidupannya jadi banyak diidolakan. Juga gak sedikit kenalan saya yang akhirnya lanjut kuliah ke Jerman karena terinspirasi beliau.


Dan (sayangnya)... bukunya tetap belum habis saya baca :p

4. A Travelogue , Aceh - Germany - Europe

Buku yang berisi cerita anak-anak Aceh yang sedang berdomisili di Jerman ini bnran bagus kok isinya *promosi*. Kenapa belum saya baca (lagi)? karena setau saya sebagian besar tulisannya udah pernah di publish di blog/ harian lokal/note di socmed. Jadinya belum tergerak untuk membolak-balikkan halamannya.





A travelogue adalah perjalanan menuntut ilmu. Bagaimana tekad dikuatkan, langkah diringankan, menuju mimpi dan cita-cita . Dibuku ini juga ada selipan beberapa tips menarik, dari mulai kuliah, adaptasi dengan lingkungan yang baru, tips traveling untuk mahasiswa (kere tapi ngebet pengen ngeliat dunia luar) , dan masih banyak lainnya.

5. Sabtu Bersama Bapak

Bukan buku baru, tapi saya baru aja dikirim sama sahabat saya yang suka banget ngebiliin saya buku :D . Awalnya ngeliat bbrapa orang yang share review, masih gak tertarik. Trus si kakak sepupu nulis jg, eh..kok jadi penasaran, seorang teman juga ngirim bberapa quote menarik dari buku ini..eh kok makin penasaran, dan akhirnya..ahamdulillah berakhir dengan dikirimin buku ini sama Nyanya :D


Ekspektasi awal,  ini buku tentang kehidupan si anak dengan si bapak. Udah itu aja. Berhubung bapak saya meninggal muda dan saya gak ingat apapun tentang beliau, gimana interaksi kita dll, jadilah buku-buku kayak gini selalu jadi incaran. Setidaknya, I can picture how it actually is :)


Balik ke buku. Ini bukukereeeeennnn.

Setelah dibaca, sempat kepikiran ini kayak buku parenting. Dibaca lagi.. kok makin kemana-mana ceritanya, makin kaya bahasannya, makin banyak pelajaran yang bisa diambil, makin daleeemm aja tulisannya. yang paling berkesan tentu nasihat si bapak ke anak-anaknya yang ditinggalkan di video itu :)





Jadi gak sabar pengen hunting buku lagi, di indo tapi :D

You Might Also Like

1 comments