Persiapan ke Korea

April 10, 2014

Akhir bulan ini rencananya dua kakak saya jalan-jalan ke negri gingseng yang budayanya nan cakep itu. Seperti yang udah saya perhitungkan sebelumnya, mereka  pasti nyarinya cuma lokasi jalan-jalan kayak yg ada di film korea, udah gitu aja. Jadilah, sebagai adek yang baek yang lebih sering (terpaksa) kemana-mana sendiri ini, saya mulai googling, nyari ini itu, ngelist ini itu.

*saya blm pernah ke korea, jadi info di postingan ini adalah hasil google dan pengalaman pribadi klo jalan ;)

src : kutudrama
Berhubung jalan-jalan mereka juga sekalian ada urusan kerjaan, alias bukan backpacker-an apalagi jalan-jalan ala sosialita (hahahaha), jadinya persiapannya agak sedikit beda dengan yang biasanya saya siapin kalo jalan-jalan disini yg cuma bbrapa hari.

1. Pakaian
Sebelum ngelist jenis pakaian yang mau dibawa, cek dulu musim apa disana, cuacanya kayak gimana. Jangan sampe bawa baju summer eh sampe sana malah menggigil kedinginan.

Musim semi udah nyampe di korea, lumayan hangat untuk orang-orang yang emang tinggal di negera 4 musim. Tapi gak berlaku untuk yang lainnya. Awalnya saya saranin si kakak bdua itu buat bawa baju yang biasa mereka pake di aceh. Eh gak sengaja nemu photo teman yang lagi maen ke Turki, dia pake jaket rada tebal, syal, sarung tangan dan sepatu yang biasanya saya liat dipake pas winter. Nah loh.

Jadilah harus di re-list ulang bawaan mereka.

Berhubung ada acara resmi (bisa jadi ada dinner formalnya) , maka 1-2 pasang pakaian formal sebaiknya dibawa. Sisanya, sesuaikan dengan kebutuhan. Perjelas juga agenda selama disana. Gak perlu bawa baju banyak dan berat-beratin koper. Gak pengen kelihatan pake pakaian yang sama pas di photo? tinggal dikombinasikan aja pakaian yang dibawa. Simple dan ringan kan ;) *ini permasalahan cewek yang suka photo-photo :D

Baju hangat , bisa itu jaket atau sweater juga di bawa. gak perlu yang super tebal kayak untuk winter. Saya pribadi nyaranin mereka buat bawa fleece atau cardigan yang bisa di-double-in dengan jaket. Kalau ternyata kelewat dingin, pake dua-duanya, klo ternyata lumayan hangat, bisa pake salah satunya. * musim semi itu anginnya bikin menggigil juga soalnya :D . Ada juga yang menyarankan bawa windbreaker jacket. Gute idee

Masih dengan jaket. Saya slalu pake jaket yang ada penutup kepalanya, yang bisa dipake sebagai pengganti kupluk dan syal. Tapi untuk gaya, bolehlah ya 1-2 syal dibawa. Lagi, bukan syal winter, ini musim semi. Syal bahan tipis, atau pasmina bisa dijadikan solusi. Cuma buat nutupin leher dan lebih gaya (katanya sih gitu :D )


Oiya, long john atau sejenisnya mungkin bisa dimasukkan ke dalam list. Terutama untuk orang yang dingin dikit aja menggigil (hahahaha)

2. Sepatu / sandal
Sandal? bukan pilihan yang baik utk dibawa. Sedang sepatu sebaiknya yang enak buat dibawa jalan. Kabarnya korea itu negara berbukitan , pake high heels? cari masalah. Kecuali emang udah super expert dengan sepatu jenis ini :D.  Di beberapa website yang ngasih info jalan-jalan di korea, mereka nyaranin bawa boots. Well.. sepatu kets trus pake kaos kaki 2 lapis juga bisa dijadikan pengganti *mudah-mudahan mereka gak beku haha

Eh tapi untuk acara resmi, pake yang resmi sih bagusnya :)

3. Sarung tangan.
Kata teman yang sedang di turki itu, bawa aja. Yang ala kadarnya aja juga gpp. Musim semi itu gak terlalu dingin kok :D

4. Obat-obatan
Kemungkinan perut nolak makanan asing selalu ada, dan biasanya berakhir di toilet yee. Gitu juga dengan cuaca yang berbeda dengan daerah asal, demam dan sakit kepala (karena kecapekan juga) bisa aja mampir. Bawa seberapa cukup saja, gak perlu over lah, plus vitamin.

5. Kosmetik dan toileteries
Bawa yang mini! Tapi susah juga kalo yang jalan misalnya gak bisa lepas dari sekotak kosmetik yang isinya ntah apa aja. Silahkan dipikir-pikir mana yg mau dibawa, dan emang dibutuhkan

toileteries mini, ukuran tasnya cuma sejengkal
Yang sebaiknya selalu ada di tas selama jalan di udara terbuka adalah lipbalm dan lotion. Perubahan cuaca bisa mengakibatkan kulit kering (banget), dan bibir kering sampe pecah-pecah. Giaman kalau yang jalan cowok? disini bukan pemandangan yang aneh lagi cowok-cowok (cakep) pake lipbalm ditempat umum. *rada serem ya ngebayanginnya :D

Dan masih banyak lagi lainnya yang harus disiapin. Sesuaikan aja dengan kebutuhan, tapi jangan lebay. Kelebihan berat di bagasi, atau banyaknya pernak-pernik di tas / ransel, bikin jalan-jalan jadi gak enak.  Well, thats my opinion only ;)

Untuk tempat-tempat yang bisa dikunjungi, bisa cek disini : http://korea.panduanwisata.com/

Oleh-oleh? saya gak akan minta macam-macamlah, misal boneka pake pakaian adatnya korea

src : traveloasia
atau...1 set chopstick cantik ini :D

src: happybuying
atau dua-duanya? alhamdulillah :D

Anyway... tips diatas bisa juga dipraktekkan kalo jalan-jalan ke daerah lain (mungkin) . Tapi ingat, bukan utk yang backpacker-an ya :) , dan cuma untuk yang baru pertama jalan-jalan dan masih galau bawa apa yaaaa :D.

Mudah-mudahan bermanfaat juga buat teman-teman yang akan ke jerman akhir summer ini, setidaknya persiapannya gak jauh beda lah, untuk 1-2 minggu pertama disini, setelah itu kan bisa belanja :)



You Might Also Like

6 comments

  1. Psti kakaknya kak mira ngga nonton infotaiment. kemarin2 syahrini ke korea juga lho kak, dan semua perlengkapan yang ia bawa diliput termasuk tempat2 dia pergi waktu di korsel. heheehehhe

    ReplyDelete
  2. Hahhaaha ngebayanginnya pasti ribet ya bawaannya?? :D

    ReplyDelete
  3. Lengkap bingiiiiiit.
    mengena kali soal pakaian dan foto-foto itu, hahaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha permasalahan cewek ya itu2 aja sbnrnya :D

      Delete
  4. Kenangan yang tidak akan terlupa tuh ...


    PUBLIC SPEAKING SEMARANG
    Yang paling penting jangan sampai nyasar ke KorUt, bisa berabe ujungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh..katanya di korut juga asik tuh :D

      Delete