Hujan Coklat di Jerman

March 04, 2014

Jerman kembali diguyur hujan coklat, permen, dan berbagai jenis cemilan manis lainnya. Eh lebih tepatnya beberapa kota di Jerman, misal Bonn dan Koln.

Satu hari senin, antara bulan februari dan maret, penduduk Jerman beramai-ramai turun ke jalan dengan menggunakan kostum super unik untuk merayakan Rosenmontag (Rose Monday). Hari yang ditunggu-tunggu banyak orang, dari anak kecil hingga orang tua.

Rosenmontag di Koln | src : google

Tahun ini Rosenmontag dirayakan tanggal 3 Maret, tapi pesta kostumnya sendiri udah dimulai dari tanggal 27 Feb. Tiap hari kita bakalan nemu orang dengan kostum macam-macam, dari mulai yang lucu, unik, serem, dan biasanya juga ada tambahan semerbak alkohol di sepanjang jalan. Saya sendiri kaget pas pulang dari biblio, di tram ketemu orang dengan kostum super serem, duduk sebelahan pula plus ditambah minuman ditangannya dan harumnya euuyy :D


pesta kostum selama rosenmontag Bonn 2014 | src : fb Mas sigit

Specialnya karnaval ini adalah, di hari puncaknya, bakalan ada iring-iringan parade, dan mereka bakalan menghujani pengunjung/ penonton dengan coklat, permen (intinya berbagai jenis cemilan manis) dan juga bunga. Masyarakat yang datang juga bakalan bawa tas tambahan buat nampung banyaknya coklat yang bakalan mereka tangkap, ada juga yang make payung (secara terbalik) dan berharap jumlah coklat yang ditangkap lebih banyak.

hasil tangkapan coklat tahun lalu

*jangan ngharap coklat yang dibagikan merk Lindt, ritter sport, dan merk terkenal lainnya ya :D

Dari 2 tahun yang lalu, saya dan teman-teman tentu gak akan melewati event ini. Walopun bukan khusus untuk nangkap coklat (yang kehalalannya tentu dipertanyakan :D ), tapi justru untuk photo (hahaha) dengan kostum-kostum yang unik, terutama smurf *Addicted banget sama tokoh yang ini, tentunya setelah asterix, dkk :D

bareng mahasiswa Aceh di Jerman


Nrw-er
Tiap perayaan rosenmontag ini, pusat kota dibanjiri oleh pengunjung, bar dan club juga jadi destinasi berikutnya. Dari pagi, kereta bakalan penuh sesak. So kalau tertarik pengen ikut karnaval, bagusnya dari pagi udah berangkat dari rumah, jadi bisa dapat kereta yang bisa jadi agak lenggang, dan juga dapat posisi strategis untuk nangkap coklat. Malamnya juga kota bakalan tetap ramai, well..thats when the real party actually begin.

Untuk penikmat coklat, dont miss it! :)




You Might Also Like

6 comments