Mengenal Perusahaan Lebih jauh via CampusTalent

February 07, 2014

Ceritanya, saya hari ini baru ngikutin kegiatan yang namanya CampusTalent *gak ada hubungan dengan program-program entertainment pencari bakat dan sejenisnya ya :D

CampusTalent (CT) merupakan suatu program yang dibentuk bertujuan memperkenalkan perusahan, prospek kerja untuk fresh graduate, ataupun mahasiswa yang masih studi. CT yang saya ikutin ini diadakan oleh Deutsche Post DHL (DPDHL). Program yang cukup menarik untuk memperkenalkan perusahaan lebih jauh, sekaligus menarik minat para student untuk bergabung.

gedung DHL di Bonn




Acara yang berlangsung dari jam 10 pagi ini diisi dengan presentasi-presentasi menarik, dari mulai tentang sejarahnya DHL dan Deutsche Post, strategi, logistik, sampai inovasi yang mereka kembangkan *walopun belakangan ngantuk juga :D. Bahkan juga ada testimoni dari intern DHL, yang jelas lah bakalan nyebutin pengalaman yang bersangkutan selama kerja disana. Pengaturan acara yang menarik, pembicara yang super, terkesan serius tapi tetap santai dan fun. Di bagian akhir juga ada sesi kenalan, sekalian memperluas link masing-masing, jadilah nambah banyak teman juga

Sebagian bakalan bilang kalau anak IT ya ke IT lah ujung-ujungnya, ngapain nyebur ke ilmu baru (bisnis maksudnya) . Berhubung saya gak tau dan masih belum pasti masa depan saya gimana, dan memang dari dulu tertarik dengan bisnis, jadinya ikut CT ini, benar-benar membuka pikiran saya. Apalagi ketika salah satu keynote speaker nya memperkenalkan beberapa department di DHL itu, langsung deh kebayang saya suatu hari akan bekerja di bagian itu.

Yang menariknya, pembicara di acara ini adalah (kayaknya) petinggi-petinggi di perusahaan, tapi umurnya masih muda-muda banget, bahkan ada yang baru 34 tahun. WoW! Jelaslah saya dan kolega saling pandang, dan masing-masing spontan nyebutin kemungkinan di usia segitu kita bakalan ngapain *hahahha

Dari awal ada satu hal yang jadi perhatian saya. Selama di ruangan tempat berlangsungnya acara, ada dua type peserta yang hadir disitu, mahasiswa informatik dan mahasiswa non-informatik. Anak-anak informatik yang serba nge-jins dan berkaos ria, sedang yang non dengan setelan kantoran, lengkap dengan blazer / jas, cakep dan rapi smua. Karena di undangan tidak disertakan dress code juga, wajarlah kalau kami lebih santai dan nyaman dengan jins dan kaos. Padahal kemarin nyanya udah ngingatin buat pake baju yang rapi (dan dandan) walopun maksudnya untuk hal yang lain ya nya :D, tapi karena mikir saya belum pernah kesana, saya g tau apakah mereka bakalan nyaman dengan gamis saya dan jilbab yang kayak gitu, casual lah pilihan amannya.

Balik ke CampusTalent. Saya gak tau apakah program seperti ini udah ada dimana-mana. Jujur ini baru pertama kali saya dengar, dan menurut saya ini cara yang tepat untuk memperkenalkan perusahaan, menarik minat student buat gabung, dan juga memberikan wawasan baru untuk student yang masih labil masa depannya.

Mudah-mudahan perusahaan lain juga bakalan ngadain program yang serupa :)



You Might Also Like

4 comments

  1. di Indonesia juga sudah banyak yang begini mir..
    biasanya di event seperti career days dan sejenisnya. Tergantung penyelenggara juga sih, bagaimana mereka memformat acara. yah mungkin tidak seseru yang disana. karena keterbatasan waktu dan tempat, biasanya hanya sekedar pengenalan dasar perusahaan. ga sampe ada testimoni intern atau pejabatnya segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ach so, ada ya, bagus donk klo gitu. setidaknya gak meraba-raba kali pas udah lulus :D

      Delete
  2. Yang umur 34 ada yg masih single islam dan tampan gak mir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya g ada Nya..atau g terdeteksi aja?? :D

      Delete