Andai kupunya 50 Milyar ..

October 03, 2013

Socmed heboh dengan berita 50 M , bukan 50 juta yaa..tapi milyar! Hii..banyak amat ya angka nol dibelakangnya. Mau ngebahas normal gak nya, saya jg bukan ahlinya. Rada miris sih iya, serius itu dana cuma buat acara begituan? segitu banyaknya?. Jadilah semalaman ini saya googling mencari kebenaran *halah* dibalik berita itu. *makin bengong deh

Untuk orang awam kayak saya, enaknya ngebahas : kalau saya punya uang 50 M, rencana mau diapain ya?. Kalau 50 juta, yang kebayang detik ini..assikk..naik haji :D , eh tapi berhubung jamaah udah pada berangkat, alokasikan dana buat qurban, bisa qurban berapa banyak tu <-- edisi g mikir dananya disimpan buat taon depan -_-'

50 M itu , hmm :
1. Bisa bolak-balik Jerman Aceh sampe mabok
2. Naik Haji ?? gak kebayang berapa banyak orang yg bs naik haji bareng ya, sekeluarga besar? :D
3. Qurban . Hitungannya satu kambing itu 1.5 juta, klo 50 Milyar jadinya..hmm.. 33.333 kambing.. Makmur smua ya :p
4. .... 50 M itu kebayakan klo harus dihabiskan sekali waktu! *atau malah dikit?



Kalo dijadiin koin, bakaln sebanyak ini g ya? :D


Ini cuma ide yg tiba2 muncul dikepala saya aja ya, bukan hasil perencanaan super matang jg, kalau saya punya 50 Milyar :

1. Sumbang ke Mesjid.
Dana yang disumbangkan bisa digunakan untuk banyak hal. Dan manfaatnya gak cuma sesaat, tapi seterusnya. Misal, dibeliin sajadah, kebayang berapa banyak orang yg bisa pakai selama sajadah itu masih utuh. Dan inshaAllah..pahalanya...luar biasa :).

2. Sumbang ke sekolah.
Walaupun katanya sekarang ini serba elektronik, saya tetap menganggap membaca buku (hardcopy) itu lebih wahh rasanya, lebih preferable. Masih banyak sekolah2 di daerah yang butuh bantuan seperti ini.

- buku pelajaran
Nyumbang buku pelajaran bisa membantu anak2 dalam belajar. Di beberapa sekolah di kota, anak2 kurang mampu bisa meminjam buku pelajaran di pustaka. Semakin banyak buku yang ada, semakin banyak anak yang bisa memanfaatkan.

- buku bacaan
Wahh..saya gak bisa bayangkan wajah anak2 itu ketika membaca buku2 bacaan. Ketika mereka melihat banguna2 bersejarah di daerah lain, tempat2 menarik yg bikin deg2an walopun cuma bisa ngeliat gambarnya aja, perkembangan ilmu pengetahuan dan masih banyak lainnya. Walopun detik itu mereka belum mampu melihat langsung hal2 yg mereka liat di buku, setidaknya itu bisa memicu mereka untuk bermimpi, untuk lebih semangat belajar. saya percaya, generasi muda yang berkualitas, membantu membentuk suatu komunitas yang berkualitas pula.

Selain buku, tentu masih banyak kebutuhan sekolah lainnya kan.. Tapi kadang agak sulit untuk langsung terjun ke lapangan, cek kebutuhan sekolah itu apa aja, atau seberapa banyak dana yg dibutuhkan. Salah satu yang bisa dijadikan acuan mungkin sila cek disini ya *cuma tau yg ini soalnya :D

3. Beasiswa pendidikan.
Nah kalau yg ini, kita bisa memanfaatkan yayasan2 yang ada dan terpercaya tentunya. Mereka tau dana yang ada harus disumbangkan kemana, siapa yg berhak menerima. Di indo ada satu yayasan (kalau saya boleh menyebutnya seperti itu) yang inshaAllah bisa dipercaya. Dana bisa kita transfer langsung, atau bisa juga secara manual diserahkan kesana. Dan setau saya mereka juga ngasih laporan tertulis tentang dana yang sudah disalurkan.

4. Buat bangunan serba guna di kampung.
Terinspirasi dari salah satu novel yang saya baca, disitu ada satu karakter yang sangat antusias dengan bangunan serba guna ini. Bangunan ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Ruang anak2 belajar, dijadikan TPA, kelas kreatif anak-anak, tempat ibu2 belajar kerjainan tangan misalnya, dan masih banyak lainnya.

Hm... kira-kira 50 Milyarnya cukup g tu? atau masih lebih?? *karena kebanyakan nolnya jadi malas mikirnya.

Bohong kalau saya gak punya keinginan pribadi, misal dana itu mau saya pake sendiri. Ada beberapa buku yang ingin saya beli, kalau dihitung2 maksimal 3-4 juta, dan smua buku yang mau bakalan udah ditangan saya *sisanya masih..hmm.. banyak ya -_- punya rumah sendiri, peralatan dapur yang lengkap banget , naik haji sama keluarga, biaya ini itu (ntahlah apa ini itu), atau beli pemasan ruangan canggih (nasib..udah autum tapi pemanas ruangan masih blm dinyalain, padhal dingin -_- ), ttp aja masih ada sisa kan ya? oder? Eh ada lagi dink..diinvestasikan!. Nah kalau yg ini..ada baiknya kita serahkan pada yg lebih ngerti ya :D

Nah itu menurut saya, menurut kalian? enaknya dikemanain kalau dapat rejeki segitu banyak? g boleh pake mikir lama..spontan aja yg kepikiran apa :D

You Might Also Like

0 comments