Sejarah Jerman : Haus Der Geschichte Bonn

September 19, 2013

Museum Haus der Geschichte , yang artinya house of history, merupakan salah satu museum di Jerman, yang patut dan rada wajib untuk dikunjungi. Terutama untuk orang2 yg berminat dengan sejarah Jerman. Eh..g cuma sejarah juga dink, seputar social ekonomi dan politik mereka dulunya juga dipamerkan di sini.

Begitu masuk ke museum ini, kita bakalan disambut dengan mobil Mercedes Hitam yang berdiri dengan anggunnya di bagian depan Museum. Konon, mobil ini merupakan mobil pertama dari kanselir Jerman setelah perang yaitu Konrad Adenauer.


Image src : http://bit.ly/1brrGFw

Di salah satu sisi depan museum, ada seekor Kerbau (klo g salah sejenis kerbau toraja) yang memang asli dari Indonesia. Nah..ngapain ni kerbau mejeng disana? ternyata..kerbau yang katanya dibawa sama Belanda sekitar tahun 1920an ini menjadi salah satu saksi mata kemerdekaan jerman dan diabadikan d museum ini. Wuidih... kerbau loh.. :D

Salah satu kelebihan museum yang terletak di Heusalle Bonn ini - terutama untuk kita pengujung dari Indonesia - adalah sambutan dari salah pekerja disana yang asli Indonesia *hahhaha..penting ya? :D. Kalo ngeliat orang indo yang datang, beliau bakalan ngejelasin sedikit banyak tentang sejarah Jerman. Termasuk soal si kerbau diatas :D , dan seputar sejarah2 jerman lainnya.

Salah satu sejarah yang mungkin paling banyak diketahui adalah seputar Nazi. Dan bisa dikatakan masa2 itu merupakan masa2 kelamnya bangsa Jerman. Berikut beberapa image dari museum :



Image : kamar tahanan


Image : ruang interogasi

Ruang interogasi ini berukuran (mungkin) lebih kecil dari toilet umum yg sering kita temui. Di ujung kanan ada sebuah kursi kayu, dan diujung lainnya sebua meja kecil. Kerasa nuansa horornya, walaupun cuma sebentar "mendekam" di ruangan itu.

Di bagian lain museum, banyak benda2 unik yang bisa kita temui. Vespa jadul nan antik, seragam2 tentara - bahkan ada photo elvis Presley make seragam itu terpampang dengan apik di salah satu sudut museum, bioskop jaman dulu, pakaian2 super antik, alat2 perang, mainan anak2, smua bisa dilihat disini.



dan maaasih banyak hal2 menarik lain yg bisa dilihat disini. Sayangnya, sebagian photo slalu ada penampakan teman2 - dan mereka pasti g bakalan senang photo mereka dipublish gitu aja..seandainya pada minta royalti, ribet saya :D

Nah.. klo mau kesini, gmn??

Dari Bonn Hbf , naik kereta richtung Bad Godesberg (16/68) , Koenigswinter, ataupun Rheinaue, turun di halte Heussalle , Museumnya pas di station itu, free entry pula. Kira2 10 menitan dari Bonn Hbf, kecil kemungkinan bakalan bisa nyasar. Di station yg sama juga ada institute research ZEF, Deutsche Welle, DHL , dan fakultas B-IT, hmm.. cukup well-known lah :D

Untuk bisa ngeliat smua sudut, baca dengan detail informasi yg tersedia, minimal 2 jam kali ya. itupun mungkin masih kurang.

So.. siapa nih yg mau ke bonn? ;)

You Might Also Like

2 comments