Jerman dan Ramadhan - 2013

July 15, 2013

Alhamdulillah, tahun ini saya masih bisa bertemu dan "bercengkrama" dengan Ramadhan. Ramadhan ke 3 di jerman, dan ... ( g pengen ngitung ntah ramadhan ke berapa jauh dari orang tua).

Kondisi ramadhan kali ini juga gak jauh beda dengan taon2 sebelumnya. Ifthar dengan menu yg alhamdulillah selalu ada, roti yang memang jadi menu favorite buat sahur, dan.... sendirian!. Eitss..tidak ada unsur curhatan bin galau di kalimat terakhir saya. Sesuatu yg indah itu kan enaknya dibagi, dirasakan bersama2 dengan orang disekitar, dalam hal ini masak!. Setelah masak sesuatu, pengennya makannya juga bareng2 yg laen, makan sndirian itu gak berasa sama sekali. Nikmatnya kurang aja :p

Jadwal puasa yaaa... beda2 dikitlah sama taon lalu. Kali ini sahur jam 3.20-an , iftharnya jam 21.40an. Lumayan lama? lamaa bangeett :D. Tapi gak seperti yg dibayangkan juga. Lumayan panas memang, tapi alhamdulillah beberapa hari pertama saya gak ada masalah sama sekali. Bahkan kawan2 non muslim - sama kayak taon lalu - pada khawatir saya bakalan tepar, sakit , dan akhirnya gak bisa ikut ujian. Walopun akhirnya puasa ke 5 saya beneran tepar *ihik* .

Nah.. jadwal puasa kali ini, pas di puncaknya summer, bersamaan dengan jadwal ujian saya yang bejibun banget banyaknya. Bahkan pas ujian saya ditanyain, sanggup gak ngelanjutin ujian dengan kondisi saya yang katanya kurang sehat *pakk.. ini malah saya lagi sehat2nya loh :D

Teman2 non muslim juga pada ingat saya puasa (taon lalu justru panik kirain saya sengaja dan gak jelas kenapa nahan2 lapar :D ), pada message menjelang ramadhan yang isinya buat jaga kesehatan lah, klo lapar jangan ditahan lah, yang sekedar ngucapin ramadhan kareem, ada juga yang cuma nanya, kamu baik2 aja hari ini? setelah puasa belasan jam? hehe.. makasih ya smuanya :) - walopun yg ngucapinnya gak jelas muslim apa bukan :p. ada juga yang akhirnya minta dikirimin artikel2 tentang Ramadhan dan Islam, dan katanya pengen tau lebih banyak + ngajak diskusi setelah ujian. Bahkan gak jarang pas belajar bareng sampe malam misalnya, dan mereka mesan makanan, selalu nyisain satu porsi utk saya buka puasa..padahal jelas2 menjelang ifthar saya menghilang bentar ke rumah. Dan kocaknya, pernah sekali si teman yang taunya saya puasa tapi g tau klo saya gak makan yg non halal, khusus beliin saya makanan dari ntah toko makanan mana, dan dengan muka berbinar ngasih tu makanan menjelang berbuka. Feel sorry for him, terharu dikasih makanan, tapi sayangnya makanannya saya hibahkan ke yg laen ( yg udah nunggu dihibahin daritadi haha)

Kalau jadwal iftahrnya menjelang jam 10, kebayang isyanya menjelang jam 12 kan. Tapii.. alhamdulillah kali ni ada kemudahan. Kok? rada aneh ya? begini ceritanya...*jengjengjeng

Ada fatwa dari " European Council for Fatwa and Research" tentang puasa dan tarawih.

Dibolehkan menjamak sholat Maghrib dengan Isyak di musim panas dari tanggal 18 Mai sampai tanggal 8 Agustus 2013 mengingat kesulitan-kesulitan yang akan dialami, apabila seorang muslim berusaha untuk melaksanakan sholat Isyak pada waktunya. Hal ini telah dibahas dan telah disampaikan dalam Fatwa-Fatwa sebelumnya.

Adapun dalam bulan Ramadhan 1434 Hijriah tahun ini, terdapat dua cara untuk melaksanakan sholat Maghrib, Isyak dan Tarawih.

Cara pertama: Pada waktu jam sholat Maghrib tiba, langsung berbuka puasa. Satu jam atau sejam setengah kemudian barulah melaksanakan sholat Magrib, Isyak dan Tarawih sekaligus. Ini adalah pendapat jumhur ulama yang kuat, yang menyatakan bahwa menjamak kedua sholat (Maghrib dan Isyak) lebih afdhol daripada memisahkanya dalam jarak waktu yang panjang.

Cara Kedua: Pada waktu jam sholat Maghrib tiba, langsung berbuka puasa dan sholat Maghrib. Satu jam kemudian barulah sholat Isyak dan Tarawih. Ini adalah pendapat ulama-ulama seperti Ibnu Taimiyyah dan Ibnul Qoyyim. Cara mana yang ingin dipakai terserah kepada kebijaksaan jumhur hadirin mesjid masing-masing.
Begitu juga sekiranya jumhur hadirin mesjid tidak ingin menjamak kedua sholat tsb
.


Alhamdulillah banget. Jadinya sekitar jam 12 kita udah selesai dengan sholat tarawih, bisa tidur sampe jam 2.30 sebelum sahur dan subuh. Nasib student yang lagi persiapan ujian, jadinya yaaa belajar (pencitraan inii :D )

-------


Mudah2an di bulan penuh berkah ini, ibadah kita smua makin lancar, smua urusan kita dipermudah oleh Allah SWT , dan diberkahi tentunya, dan menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Aamiin.


Ramadhan mubarak


Bonn, 22:14 pm




You Might Also Like

0 comments