Maibaum : Expresikan Cinta dengan Pohon Birch

May 02, 2013

Ada satu tradisi di jerman, yang udah berlangsung dari bbrapa abad yang lalu, mengekspresikan cinta dengan memberikan sebuah pohon untuk cewek yang disukai. Unik, bukan mawar, bukan coklat, tapi POHON!

Tradisi ini bernama Maibaum (Mai = bulan mei , baum = pohon).Perayaannya sendiri dimulai dari malam tanggal 30 April, dan dulunya dirayakan oleh smua orang disebuah desa/perkampungan dll dengan minum bir dsb, sedang tanggal 1 Mei cowok2 bakalan sibuk nebang pohon di hutan yang akan dipersembahkan kepada si cewek yang disukai.

Nah...pohon yang dimaksud gak sembarang pohon, namanya Pohon Birch, pohonnya tinggi menjulang, ada yang setinggi 15m juga, kebayang gimana cowok2 bakalan nentening tu pohon trus bawa ke rumah si cewek?ribet pasti , itu namanya niaattt banget :D.

Pohon birch
Pohon Birch

Trus di pohon yang dimaksud bakalan dihias sedemikian rupa, dan dibawa ke rumah si cewek. Trus..klo si cewek nerima pernyataan cintanya, pohon itu bakalan ditempel di dinding luar rumah atau pagar (intinya diluar rumah) dan si cowok bakalan dikasih minum ( ya iyaa..capek kan bawa2 pohon gede gitu :D ), dan katanya juga si cewek harus nyediain makan malam juga. Trus kalo ditolak?? si cowok siap2 buat nentengin lagu pohon birch nya dan...pulang! :D

pohon birch yg udah dihias|
pohon birch yg udah dihias|  src : google - 

Di beberapa daerah, bukannya "nembak" si cewek, tp justru si cowok bakalan meletakkan pohon birch yang udah dihias di halaman rumah si cewek. Trus mereka bakalan menjaga si pohon, jangan sampe dicuri sama si saingan *hahaha

Kenapa pohon? kali maksudnya..klo coklat kan benda mati, kalo mawar, juga bakalan layu, sedang pohon, kan bisa ditanam balik, dan lebih lama bertahannya. Dengan kata lain, cinta itu dianalogikan, sebuah pohon yang hidupnya akan lama, gak sesingkat si coklat . Ntah ini rada maksa atau gak maknanya, tp kira2 begitulah :D

Kalau ini versi si cowok dengan si pohon, tiap tahun kabisat si cewek yang bakalan bawa pohon ke tempat si cewek. Kebalikannya :D. Ini rada mirip dengan budayanya irlandia (klo g salah) yang si cewek melamar si cowok di tgl 29 Februari taon kabisat.


Budaya yang unik ya



You Might Also Like

4 comments

  1. Baru tau di Jerman ada tradisi kaya gitu juga, mirip kaya di jepang.

    http://travellingaddict.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. saya jg baru tau :D , wah..jd pengen tau versi jepang kayak gimana, thanx infonya :)

    ReplyDelete
  3. penasaran juga pingin tahu budaya ini
    secara langsung

    ReplyDelete
  4. heehe..masih lama kan kak disini? ntar pasti muncul lagi kok mereka :D

    ReplyDelete