Traveling Murah Meriah?

April 17, 2013

Beberapa waktu yg lalu saya sempat (lumayan sering) ditanya, gimana travel dari satu kota ke kota lain, atau travel berantai - alias nyambung dari satu kota ke kota lain trus lanjut ke kota laen yg mungkin juga di negara lain. Nyari jawaban konkritnya rada ribet sebenarnya.

Yang baru-baru ini nanya misalnya, yg bersangkutan pengennya ke Koln - Amsterdam - Paris - Prague - Berlin dan Munchen. Wuidih... 6 kota di 4 negara. Saya yakin yg nanya bukan g tau caranya, cuma mungkin mikir gimana caranya smua kota itu bisa dikunjungi, tapi pengeluarannya bisa ditekan semurah mungkin.

Di kamus saya, blm ada yg namanya hithchike. Kenapa?? karena saya blm berani hehehe..selain juga karena hitchhike butuh waktu yg rada lama sedang saya slalu punya waktu rada terbatas buat jalan2. Artinya saya selalu pake transportasi umum dan pribadi (mitfahr - punya orang jg sih hehe.. )

Kalau di dalam Jerman, bisa di cek bbrapa solusi link transportasi berikut :
1. Deutsche Bahn (DB)
2. eurolines
3. Aldi Bus <--baru tau dan belum pernah nyoba
4. Ryan air 
5. Mitfahr

Untuk ryan air, memang lbh sering harga tiketnya murah banget, tp yg harus diperhatiin juga, jarak dari tempat kita berada ke airport. Karena biasanya airportnya rada jauh, jadinya harga tiket dari tempat kita berada ke airportnya justru lebih mahal daripada harga tiket ryanairnya sendiri. So..bisa dipertimbangkan lagi :)

Sedang untuk mitfahr, gak semua orang berani nyoba. Saya sendiri sejauh ini ga pernah ngalamin hal2 yg gak enak seperti yg ditakutkan sama bbrapa teman jerman saya yang lain. Justru saya ngerasa bosan di mobil untuk waktu yg cukup lama, makanya belakanga lbh milih naik kereta (DB).

Deutsche bahn sendiri sering ngasih angebote aka discount, jadi...sering-serign aja check, siapa tau pas mau jalan eh udah ada discount nya :)

Selain transportasi, yg harus diteliti juga tempat yg ingin kita kunjungi. Biasanya saya selalu googling, dan berakhir di trip advisor , yg udah pasti ngelist tempat-tempat menarik. Nah..dari situ..kalo masih g yakin atau pengen info lebih, baru deh saya google tentang tempat tersebut. Oiya..banyak banget blog bagus dengan topik traveling, so..read it! :)

Kalo penginapan?? sejauh ini saya baru nyoba hostelworld dan centreparis . Atau kalo mau sekalian punya kenalan baru bisa coba couchsurfing. Cuma itu ? ada banyak tapi ntar ya kapan2 saya update.

hmm...apa lagi ya??

Oiya..peta perjalanan kita. Misal pengen jalan kayak contoh di atas, coba deh di cek kota mana yg dekat kemana, dari situ kita bisa langsung prediksikan pengeluaran buat tiket, dan juga rute yg simpe, jadi gak bolak-balik. Misalnya ni ya : start perjalanan dari Koln dan pengennya bisa ke Dresden, Hamburg dan Copenhagen. Coba di cek, mana yg dekat mana, murahnya darimana ke mana dulu. Secara sekilas sih kayaknya saya bakalan milih dari Copenhagen - Hamburg - Dresden <--rada sesat juga sih, soalnya gak pake cek harga nih nulisnya :D

Sedang peta utk daerah wisata, biasanya tersedia di Central station / Hauptbahnhof, atau di reisezentrumnya. Rajin-rajin aja celingak-celinguk hehe

Overall.. yg harus diperhatiin :
1. (Biaya) Transportasi dari dan ke tempat tujuan wisata
2. (Biaya) Tranportasi di dalam kota
3. penginapan
4. tempat yg ingin dikunjungi
5. Pengeluaran untuk makan (serius,,klo keseringan makan mie instan, pasti eneg deh -_- )
6. Peta
7. Time table perjalanan.

Udah ngerasa tips nya bermanfaat? belum?? kayaknya blm deh hehe..ntar deh saya mikir lagi..siapa tau klo inshaAllah saya jalan2 lagi, nemu tips and trick jalan2 murah :)



Bonn, 09.05 pm
Lets prepare for another trip...after the exam done :p

You Might Also Like

0 comments