Flashback - Sarajevo

April 26, 2013

Penghujung april 2013 , dan saya masih sama...kangen Sarajevo... dan langsung buka2 fb teman2 nyari photo2 lama di daerah yg paling suka saya kunjungi. Banyak memang, tapi ada beberap tempat favorite yg at least once a week saya kunjungi malah photonya nihil.

1. Taman kota disepanjang Mlijecka River, seberang Grbavica
Familiar dengan nama Grbavica (baca : gerbavitsa) ? Taon 2006 lalu, sebuah film produksi bosnia - croatia - austria dan jerman tentang kehidupan sebuah keluarga bosnia, yang masih ngerasan efek dr perang bbrapa taon sebelumnya - diberi title Grbavica .

Nah..taman kota di seberang Grbavica ini cukup adem, sejuk, dan slalu ramai pengunjung. Jalanan yang memang sepi dari kendaraan bermotor (kayaknya ada aturan deh kendaraan bermotor dilarang lewat sini). Ada yg sepedaan, skate-boarding, anak2 kecil yang berkejar2an, dan di bench sekitaran jalan seringnya diduduki couple2 muda ataupun orang2 tua yang sedang jalan. Rumpu menghijau dipinggiran sungai selalu jadi tempat favorite saya, bisa untuk sekedar istirahat, membaca ataupun piknik ala kadarnya dengan teman.


Image di atas itu klo kita search di google dengan Mlijecka River. Daerah taman kota itu mungkin sekitar 10 menit jalan kaki dari bangunan ini ke arah Ilidza.


2. Bascarsija : Sebilj, Begoa Mosque, Morica Han
Bascarsija itu mungkin bisa diartikan sebagai centrum, alias pusat kota. Nah.. bascarsijanya Sarajevo ini masih cukup traditional - etnik dan original. At least, sampai akhir 2008 masih seperti itu, dan di awal2 2009 udah mulai banyak bangunan2 modern dibangun disekitaran Bascarsija.

Sebilj, atau Sabilj, adalah icon kota Sarajevo, dan layaknya fountain2 yg ada di dunia, Sabilj juga punya mitos - barang siapa yang meminum air langsung dari sabilj, niscaya bakalan kembali lagi ke sarajevo. *Amin amin..secara saya keseringan minum disitu dulu :D. Untuk ke sabilj ini, kita cuma perlu naik tram arah bascarsija dan turun di station akhir. Begitu kluar dari tram, langsung deh nemu Sabilj.



*image : photo bbrapa taon lalu bareng si anak baru

Selama summer, daerah sabilj ini bakalan rame dengan wisatawan, anak2 yang main sama burung2 di depan sabilj,tempat ngopi yang cukup terbuka, dan terutama daerah yg menyediakan semua barang2 khas sarajevo. Sedang selama winter, dari depan Sabilj, kita bisa menikmati indahnya pemandangan, perumahan diatas bukit yang ditutupi salju, serba putih dan cakep banget, dan juga..di"selipi" menara mesjid :)

Begova Mosque? Mesjid paling adem pas summer dan hangat pas winter *ya iya lahhh :D . Mesjid ini jadi tempat persinggahan saya dan teman2. Lokasinya pas di tengah2 Bascarsija, dekat dengan tempat makan dan ngopi, jadi g perlu khawatir untuk nyari tempat sholat, suara adzan yang indah akan berkumandang dari menara mesjid Begova ini 5x sehari.

Image dibawah ini adalah icon dari mesjid ini. Tempat wudhu sih sebenarnya, tapi emang cakep aslinya, apalagi kalo malam hari.



Nah.. Morica Han itu nama cafee yang masih mengadopsi budaya turki dan bosnia. Dalamnya itu benar2 unik banget. Musik2 yang dihadirkan juga masih original sekali. Kekurangannya menurut saya, ditempat yang kecil seperti itu, orang2 bebas merokok. jadinya sumpek dan gak bakalan betah lama2 disana. Tapi.. saya sempat suka banget tempat itu, sampe akhirnya saya dan teman mulai gerah dangan bau rokok dan pindah ke caffe terbuka dibawahnya.

btw..saya agak ragu juga ini, setau saya cafee kecil di lantai dua itu namanya morica han, tapi klo di google, justru caffe di bawahnya namanya morica han. Ah.. dua2nya oke lah..dua2na morica han deh :p

3. Vrelo Bosna

Nahh..ini the best park!. Pohon2 rindang sepanjang jalan, dan spring river di vrelo bosna, benar2 pilihan tepat untuk bersantai, piknik, atau cuma beristirahat dari capeknya jalan/ bersepeda, dan hiruk pikuknya kota *seakan2 sarajevo itu kota yg padat dan sibuk gitu haha.







Untuk ke vrelo bosna, dari central Sarajevo, bisa dengan tram ke arah Ilidza dan turun di station terakhir. Dari situ, pilihan saya antara jalan kaki yang jaraknya bisa sekitaran 30 - 60 menit, atau sewa sepeda yang emang toko2nya ada di sepanjang jalan. Atau kalau punya dana lebih, bisa sewa kereta kuda, dulunya harganya sekitaran 10-15 KM ne way , atau sekitar 5-7 euro. tapi itu dulu :D



*image scr : isma fb hehe..pas kita masih lugu2nya kali ya :p

Ah..kaaangeeennn >.< Kecilnya sarajevo, memungkinkan kita untuk jalan2 keliling kota ke tempat2 diatas dalam waktu sehari. Tapi masih banyak lagi tempat2 menarik lainnya. Misalnya Bjelasnica - yg klo winter penuh dengan pengujung buat maen ski dan spring/summer buat piknik . Kalau g salah, Bjelasnica ini pernah dijadikan tempat penyelenggaran Winter olimpic puluhan tahun silam :D . Ada juga museum2, cafee2 cantik yang dulunya bertebaran dari sepanjang jalan bascarsija, dan masih banyak lagi.

Cuma bisa kangen2an dulu sekarang, cuma bisa buat plan2 dulu.. kesananya kapan? jangan sampe kapan2 deh.. mudah2an segera :)



Bonn, 04:14 pm
Ingat yg indah, bikin pikiran makin tenang dan bisa beraktifitas dengan lebih baik,,iya kan? ;)

You Might Also Like

0 comments