Little Reuni di Copenhagen

March 21, 2013

Copenhagen..sebuat kota di Denmark yang jadi tujuan jalan-jalan saya kali ini. Kalo saya ditanya ada apa disana, yang bikin saya tertarik kesana, hmmm....mikir dulu kali ya :D. The fact is..saya ke copenhagen karena kangen sama si teman yang udah hampir 4 taon gak ketemu.Setelah berkali2 cancel rencana ketemu dia, Alhamdulillah kali ini -walaupun dadakan - bisa jg ketemu.

So, perjalanan saya dari Bonn ke Copenhagen kayak gimana dan kemana aja selama disana??

Dimulai dari Bonn, karena satu dan lain hal saya manfaatin tiket semester yg bisa dipake sampe Oesnabrueck - yg jaraknya kira-kira 4 jam dari Bonn. Dari sana saya beli tiket ICE untuk ke Hamburg dan Copenhagen. Klo ditotal, mungkin sekitar 12 jam perjalanan. Kalo dibandingkan dengan perjalanan dengan IC/ICE dari Bonn, cuma beda 2 jam aja tapi harga tiketnya bisa dua kali lipatnya. So, i made the right decision. Oiya..jangan lupa manfaatin probe bahn card yang 25 euro utk 4 bulan. Benar2 membantu mengurangi jumlah pengeluaran, terutama kalo kita punya rencana jalan2 lagi selama 4 bulan itu.

Saya janjian dengan teman di Hamburg dan bareng dari sana ke Copenhagennya, tapi karena kereta dari Osnabruck telat 15 menit, jadilah saya harus nunggu di hamburg 2 jam utk naik kereta berikutny...sendirian -_-' . Cuaca pun benar2 buruk, badai salju dari hamburg sampe perbatasan benar2 bikin suntuk di kereta. Belum lagi pas nyebrang dgn ferry, kata si teman, emang pasti bakalan ngalami yg namanya seasick. Walaupun cuma 45 menit, seasicknya berasa lamaaa banget. 2 jam kemudian, Alhamdulillah saya bisa ketemu sama si teman dan reuni sama si teman lama. Alhamdulillah :)


Besoknya.. the only day we have to travel around the city. Tujuan kita awalnya sih banyak, tapi..ujung2nya cuma bbrapa yg terealisasi.

Dimulai dari Nyhavn , kota nan cantik dengan bangunan beragam warna dan kapal2 yang berderetan di dermaga. Cantik. Seandainya cuaca gak sebeku hari itu, dengan cahaya matahari yang cukup cerah, ngopi dan ngobrol di Cafe di Nyhavn pasti menyenangkan.

Colorful Nyhavn | Src : google
Jalan menyusuri Nyhavn dengan tujuan akhir Little Mermaid. Beruntungnya kita hari itu, saat sedang jalan melewati kediamannya Ratu, para royal guard sedang rehearsal. Bahkan si teman yang asli denmark pun blm pernah melihat tontonan itu langsung dari komplek kediamannya sang ratu. Disitulah kita menemukan sesuatu yang cukup unik. Polisi dalam bahasa danish adalah Politi, seakan2 ada orang aceh besar yang sedang nyebut kata polisi itu sndiri. Oke..cuma org tertentu yang ngerti kenapa saya bilang unik (dan lucu :D ).

Kita sempat ngelewatin satu hutan yang cakep banget, dan bisa dijadikan pilihan utk keluarga, jalan2 atau piknik di musim semi nanti, gereja Saint Alban yang dindingnya dilapisi batu yang bagus banget, fountain yang lagi direnovasi (penting ya? :D) , dan akhirnya nyampe juga ke little mermaid.

Selain itu, ada juga Round tower, yang terletak disekitar centrumnya copenhagen, dari atas sana kita bisa liat kota Copenhagen dari atas. Towernya rada mirip dengan galata tower yang ada di Istanbul, Untuk naik ke tower ini, kita cukup membayar 25 krona denmark, atau sekitar 4 euro.

Nah...salah satu tempat yang bikin saya benar2 penasaran adalah Free town Christiania. Tempatnya benar2....WOW! . Cukup serem sih suasananya. Dari beberapa artikel yg pernah saya baca, disana itu benar2 free, dan pengunjung tidak boleh memoto apapun. Saya yang benar2 penasaran dan pengen mengabadikan tempat ini, minta si teman yang dengan rada kesal akhirnya minta ijin ke penduduk setempat utk bisa ambil 1 photo. Penuh dengan grafiti2 yg menggambarkan orang ngisap ganja, bau2 nya juga semacam ganja dam minuman keras, perumahan yang kurang terawat dan cukup angker (untuk saya). Mungkin mereka jg ngerasa aneh ya, ada 2 cewek asing berjilbab ngapain berkeliaran di tempat kayak gitu. Murni karena penasaran, tapi karena emang cukup ngeri, mungkin cuma 15 menit kita kliling tempat itu :D

Oiya..pas di centrum ,kita sempat mampir di toko lego. dan saya baru tau kalau lego itu aslinya dari denmark. Sayangnya saya gak punya dana lebih buat beli lego utk kurcaci2 di rumah, ihik.

With Lucca, di depan salah stau kerajinan di jalanan Copenhagen
yang terbuat dari manik warna-warni



Malam kedua,yang juga malam terakhir saya disana, kita cuma nonton dan ngobrol sama si teman lama. Bahasan kita yg gak pernah jauh2 dari S1, Sarajevo, dan IUS benar2 bikin kita kangen pengen bisa segera balik kesana lagi. Mudah2an suatu saat nanti :)

Btw, berhubung saya tinggal sama teman selama disana, pengeluaran saya jd gak terlalu banyak.
- Tiket di kota untuk 10x naik bus/ kereta 200 krona denmark
- tiket masuk ke round tower 25 krona
- mau beli souvenir kayak magnet gitu? 3 dapat 14 euro (mahal -_-) ,
- lunch di veggie buffe : 100an krona

Smoga bermanfaat infonya :)



Jalan-jalan dengan niat silaturrahmi, benar2 menyenangkan hati. Alhamdulillah. Mudah2an saya bisa silaturrahmi lagi dengan yang lain.

Bonn, 11:19 pm
Machu Picchu... I Am comiiinnnggg :D

You Might Also Like

2 comments

  1. miraaa.. uda suka pink2 ya sekarang? tes2 blogspot nih..hehehhe

    mau ke machu pichu ya kapan??? pengen bgt juga ke tempat2 yg kayak gitu..tapi kapan yaa?? hiks

    ini komen nya juga rada ribet yak? apa karena aida yg ga pake blogspot??

    ReplyDelete
  2. kayaknya gak mesti pke blogspot jg bs komen disni..nyanya bisa tuh :D

    machi picchu... one day..hopefully :)

    ReplyDelete