Apply beasiswa (Pemda Aceh)

May 09, 2012

Tiap maret - april pasti semua pada sibuk nyari-nyari beasiswa, apply sana-sini, nanya si ini si itu tentang syarat-syarat untuk apply beasiswa (walopun ada pengumumannya dimana-mana.. yang namanya nanya sama orang itu lbh jelas kayaknya ya :D), info tentang kampus yg dituju, sistem kuliah di negara tersebut (klo tujuannya luar negeri). Bukan cuma 2 bulan ini doank, tapi mungkin pas bulan-bulan ini deadline semakin dekat, dan orang makin panik deh nyiapin berkas beasiswa :D



Nah.. gimana dengan beasiswa pemda Aceh??

Beasiswa dari LPSDM Aceh ini biasanya dibuka antara April - Mei tiap tahunnya *tiap taon beda-beda ya, jadi jangan matokin dua bulan ini doank

Pengalaman saya dan teman-teman:
April : Apply beasiswa
Mei : Wawancara pertama ( dalam hal ini saya apply ke taiwan, tapi ditawarkan untuk apply juga ke jerman, jadinya akhir bulan Mei saya ikut test IELTS, dan wawancara lagi)
Juni : wawancara dengan Daad ( di Banda aceh juga) + prof dari Jerman
Juli : Pengumuman kelulusan
Oktober - (pertengahan) July (tahun berikutnya) : Program Bahasa Jerman ( di Goethe Jakarta)

Selama program bahasa, mulai deh search universitas yang ingin dituju, kontak pihak kampus / dosen langsung mungkin, nyiapin persyaratan yang diminta pihak kampus, ngirim berkas, nunggu, berdoa dan ngharap dapat LoA dari kampus favorit . Dan july (mudah-mudahan) buat termin dengan pihak kedutaan untuk visa ke Jerman.

Tapi, belajar bahasa jangan sampe lupa.. ujiannya lumayan loh :D

Agustus - September : tiba di Jerman, lanjut 2 bulan program Bahasa
Oktober : start winter semester
Lama dan panjang kan prosesnya?? bangett

*****

Seminggu terakhir banyak yang nanya seputar surat rekomendasi dan LoA oleh beberapa kenalan.

Surat Rekomendasi. Surat ini bisa di dapat dari pihak kampus tempat kita kuliah sebelumnya. Bisa dosen, dosen pembimbing, dekan, rektor mungkin. Isinya tentulah rekomendasi dari mereka bahwasanya kita dianggapa pantas untuk mendapat beasiswa, kita mampu untuk diberi "beban" itu *halah bahasanya ribet* .Jadi..untuk yang mau apply beasiswa, udah bisa jauh-jauh hari nghubungi pihak kampus untuk bs dapat ni surat. Saya juga dapat surat rekomendasi dari kantor, gak tau apakah ngaruh, tapi itung-itung buat tambahan aja :p

Gimana dengan LoA? letter of Aceptance ini bisa didapat setelah kita apply ke kampus tujuan study kita berikutnya. Misal ni, saya apply ke uni bonn, kirim smua berkas yang mereka minta, klo syaratnya terpenuhi dan saya dinyatakan lulus..baru deh mereka ngirimin saya LoA, sebagai tanda saya diterima di kampus ini. Tapi ada juga yang cuma komunikasi dengan salah satu dosen di kampus tujuan, ngirim berkas ke si dosen via email(bukan via pos dan ke bagian penerimaan mahasiswa baru) dan yg bersangkutan dapat LoA nya.

Belakangan jadi banyak yang email, dan minta tolong saya buat nyariin LoA buat mereka-mereka (yg email). Seriously? Rada aneh sebenarnya, sejauh ini saya gak pernah dengar yg namanya letter of acceptance itu bisa kita dapat melalui teman. Ya dihubungi langsung lah mbak/mas dosen atau pihak kampusnya :)

Satu lagi jenis surat yang sering kita dengan waktu apply beasiswa, letter of motivation. Bagus-bagusin deh isi surat yang satu ini. Write yourself,because you need to know and understand what is written there, completely. Pengalaman membuktikan selama wawancara saya disuruh ngejelasin isi motivation letter ini. Tapi bukan berarti gak boleh minta bantu siapapun juga. Untuk saya yg vocab english nya sangat-sangat terbatas misalnya, saya minta tolong teman yang lain untuk crosscheck surat ini.

Gimana dengan sistem kuliah, research atau coursework, dan segala hal yang berhubungan dengan study and life di negara itu? rajin-rajin lah google tentunya. Beda kampus, beda daerah, mungkin gak totally beda, tapi jg gak 100% sama semua.

******

Berikut link-link yang menurut saya cukup membantu :

http://bit.ly/Ihbdkr -- buat nyari2 kampus yg sesuai, selain dgn link Daad
http://studijerman.wordpress.com/
mahasiswa-aceh.de <-- silahkan tanya-tanya disini, tapi cek dulu di FAQ, siapa tau yg mau ditanya udah ada jawabannya disana :)
group ppijerman di fb ,coba deh baca postingan yg udah duluan ada disitu.
dan masih banyak lainnya, silahkan di google aja :)


so.. hurry!!! Prepare yourself, and grab the scholarship! :)


You Might Also Like

5 comments

  1. sangat membantu.
    thanks ya buk mira. :D

    ReplyDelete
  2. Mau nanya kak,
    Beasiswa aceh turunnya lancar ga? Atau spt beasiswa dikti yg lg heboh saat ini.. Trus stipend /living allowance nya cukup atau kurang? :) thanks

    ReplyDelete
  3. Hallo Faris. Alhamdulillah gak pernah,karena setau mira dana dr pemerintah aceh dikelola sama DaaD jerman. Tiap akhir bulan udah pasti masuk ke rekening .

    Cukup gak nya tergantug gaya hidup dan tinggal di kota mana juga. Alhamdulillah sebagan besar bilang cukup, karena disesuaikan dengan standard beasiswa Daad juga :)

    ReplyDelete