Trip to Giethoorn

April 06, 2012

Pada gak tau dan mungkin gak pernah dengar tempat wisata yg namanya Giethoorn?? saya juga gitu . Sampai pas suatu hari *halah* saya baca blognya teman ttg desa ini. Berbekal informasi dari site ini, berangkatlah kita kesana.

Giethoorn merupakan sebuah desa di daerah Overijssel, Belanda. Desa nan asri ini menggunakan perahu sebagai alat transportasinya. Bahkan, untuk petugas pemadam kebakaran sekalipun, "mobil" nya pun berupa perahu (aneh ya bahasanya :D).Tidak tersedianya jalan raya, "memaksa" penduduk untuk menggunakan perahu sebagai alat transportasi utama. Oiya..desa kecil ini juga dikenal sebagai Little Venesia , ada juga yg menyebutnya sebagai Venesia dari utara.

Beginilah kira-kira suasana asri nan nyaman di Desa Giethoorn - Belanda







Kalau yang ini, suasana di depan halte Hylkemaweg



Untuk bisa mengunjungi desa ini, dari station Steenwijk (jadwal kereta bisa di cek disini), lanjut dengan bus line 70 (2 Euro - one way), trus turun di halte Hylkemaweg. Dari halte ini, pengunjung bisa menyewa perahu untuk grup travel + guide (6 Euro/ orang - 1 jam tour). Ada juga perahu kecil yang bs dipake buat bertiga, klo yg ini tanpa guide. Bisa juga naik sepeda (bawa sendiri, atau sewa dari station Steenwijk (ca 10 euro/ 10 jam pake) , atau jalan kaki.

Awalnya kita sempat berfikir untuk nyewa perahu kecil dan dayung sendiri. Seru kali ya, nyoba sesuatu yang baru, trus juga kita lebih bebas keliling-keliling desa cantik ini, bisa berhenti di spot-spot bagus. Tapi berhubung waktu kita yang sangat terbatas, cuaca juga yang lumayan extreme dinginnya, kita milih jalur aman, keliling Giethorn dengan perahu (tertutup).

Disini saya bukan sebagai petugas penjaga perahu ya :D



Tapi, kalau punya waktu banyak, dan benar-benar pengen menelusuri seluk-beluk desa ini, jalan kaki bisa dijadikan pilihan utama. Menarik memang klo naik perahu, tapi itu artinya gak smua tempat bisa kita datangi. Alias perahunya gak akan berhenti di tempat-tempat menarik, kayak museum, resto, bangunan-bangunan dari abad ke 18 dan object2 photo yang super cantik.

Jalan2 di Giethoorn cuma 1 jam cukup gak ya??? gaaaakkkk. Terlalu banyak tempat-tempat cantik. Suasananya juga super duper nyaman, asri, damai banget pokoknya. Bakalan lebih seru lagi kalau kesini pas summer. Kabarnya, ada fairy festival selama 2 hari disana. No worry, banyak banget penginapan yg tersedia. Tapi mungkin kalo summer bakalan rame pengunjungnya, so.. harus reserve dari jauh-jauh hari kayaknya ya :)

Kayaknya asik nih..suntuk dan capek dengan kuliah, trus istirahatnya disini..huhu..nghayal deh ;)

You Might Also Like

3 comments

  1. Wow..baru denger juga, jadi pengen ke Belanda, tapi ngumpulin duit dulu kali ya :D

    ReplyDelete
  2. k' Fardelyin ... dankeee ;)

    b' Heiji ntar datangnya sama si kakak aja sekalian :D

    ReplyDelete