Belanda Trip - dll

February 15, 2012

Sedikit melenceng dari cerita saya selama di Belanda. jalan2 saya kemarin bisa dibilang gak murah (lumayan lah tapi untuk travel beberapa hari ke beberapa kota). kalo mau murah mungkin bisa coba ala hitchhike, trus ikut couchsurfing (iya bukan ya??) , biaya pp dan penginapan jadi free.

Saya sendiri belum berani nyoba yang beginian, hehe

Untuk student di wilayah NRW (bonn, koln dan sekitarnya) yang punya semetser ticket dan bisa dipake ke seluruh NRW, jadilah saya cuma perlu beli tiket dari perbatasan NRW ke belanda, dalam hal ini ke Groningen.

Dari Bonn - Entscheda , bisa pke tiket semester, dari entshede ke Groningen tiketnya 21.20 euro. Hari2 tertentu kadang suka ada angebot dari pihak Bahn.de , biasanya dari Koln - Amsterdam bisa dapat 44 euro pp, cuma beda bbrapa euro dari tiket yg saya pakai, tapi yg ini pke ICE, alias bakalan lebih cepat nyampenya.

Justru selama di Belanda, pengeluaran untuk biaya transportnya yg lumayan mahal. Tapi berhubung rifki udah beli tiket Dagkaart , sejenis One day ticket yg bisa dipake kemana aja di Belanda selama 1 hari. Tapi gak untuk smua transportasi, kayak tram dan bus justru tiket ini g berlaku. Agak sedikit mirip dan beda (at the same time) dengan tiket di jerman. SW ticket misalnya, bisa dipake seharian untuk berlima, berlaku untuk smua transpotrasi kecuali IC dan ICE, sedang Dagkaart ada yg bisa dipake tiap hari, ada juga yg cuma berlaku selama weekend.

Tiket Dagkaart yg kita pke kemarin : 16 euro , jadi selama 2 hari full jalan2, saya ngeluarin 32 euro, tidak termasuk biaya bus (1.5 euro) dan tram (2.50 euro) <--- beda2 tarifnya tiap daerah, biaya makan dan beli souvenir tentunya. Belum lagi untuk ke volendam ditambah 10 euro lagi pp.

Untuk penginapan, biayanya tentu berbeda antara satu kota dengan kota yg lain. Di Den haag misalnya, setelah saya search itu sekitar 20 euro/ malam . Mahhalll ya :D
Intinya, rajin2lah search penginapan murah jauh2 hari..klo gak..ya harus puas dengan penginapan nan mahal di sana.

Belum lagi kalo mau masuk museum, tentu harus bayar lagi kan.. jadi benar2 harus nabung banyak :D. Kalo emang brave enough, hithchike bisa dijadikan solusi dari jalan2 kemana aja nan murah pula :)

Untuk makan, tergantung orang kali ya. Sarapan pagi berupa roti croissant dan coffe mungkin cuma 3 euro, lunch jg tergantung dimana kan ya :D. Di Ming Kee Den Haag, nasi sate ayam bisa kita nikmati hanya dengan 5.5 euro .. murah banget klo dibandingkan dengan resto2 Indo lainnya. Sedang makan malam, saya dan teman2 labih memilih masak dan makan di rumah :D . Di Volendam, lunch seafood berkisar antara 9 - 13 euro per porsi nya. Se-porsinya gak sedikit, bisa sepiring berdua untuk yang cewek.

Oya..selama di belanda, jangan lupa untuk mencicipi Wafel khas mereka.. rasanya..yaa..enak lah hehehe

Sebagai panduan, coba deh baca Negri van Oranje. Cerita tentang 4 mahasiswa Indonesia yg kuliah, hidup dan struggle selama di Belanda, plus tips2 menarik. Memang gak berisi seputar tempat2 yg menarik utk wisatawan, tapi banyak info2 menarik juga, selain tentunya bisa "seakan2" bsa langsung ngebayangin tiap scene yg ada di novel itu :)

You Might Also Like

4 comments

  1. wah enak tuh gan... saya mah jangankan kebelanda, ke jogja aja belum pernah :(

    ReplyDelete
  2. mudah2an one day ya...saya jg blm pernah ke jogja :D :D

    ReplyDelete
  3. i hate you, mira. sumpah mati aku siriiiiik....

    ReplyDelete
  4. hwuahahaha *evil laugh*

    belanda itu dr tmpt aku dekat banget ro, dan Alhamdulillah dapat tiket sangat murah..makanya bs kesana hehe

    ReplyDelete