Sarajevo

January 05, 2012

Ada apa dengan Sarajevo, ada apa disana, sampai2 saya slalu teringat, kangen, dan pengen balik kesana??

Nothing much.

Akhir 2005
1 Ramadhan saya tiba di turki, beberap hari kemudian saya tiba di Sarajevo. Tidak seperti yang saya (dan sebagian besar kenalan saya) bayangkan, negara yg miskin, gedung2 yg hancur parah, banyaknya gelandangan. Justru negara yang...ntahlah.. normal menurut saya. Setiap hari yang saya temui hampir sebagian besar mahasiswa Turki.

Ramadhan pertama, Idul fitri pertama, Idul Adha pertama saya jauh dari rumah. Gak pernah tbayangkan untuk bisa ngerasain idul fitri di rumah sebelum study saya selesai.

Feb 2006
Saya lulus proficiency exam, yang artinya saya bisa mulai kehidupan saya sebagai Freshman Student.

............

Kegiatan saya tiap harinya cuma kampus - dorm - kampus. Terkadang weekend saya jalan dengan beberapa teman ke Bascarsija - pusat kotanya Sarajevo. Bisa cuma sekedar windows shopping

Ruang belajar jadi kamar kedua saya, yahh..semua mahasiswa mungkin mengalami hal yg serupa. Rasa kekeluargaan yang bnr2 kerasa antar sesama mahasiswa turki dan saya si makhluk asing ini. Cukup sering, saat kita belajar, ada yg datang bawain teh, cemilan ala kadarnya. Kadang mahasiswi yang minta dibuatkan cake coklat tengah malam, maka teman2 yang lain dengan santai memenuhi perasaan si teman. Aneh..pikir saya waktu itu.

Tiap idul adha / Idul fitri, selalu ada undangan makan dari keluarga salah satu prof dari turki. Tiap dorm akan diundang yang bergantian. Suasanya bakaln full turkish. Hal yang paling menjengkelkan untuk saya dan beberapa teman asing lainnya. No respect, pikir saya. Tapi apa hendak dikata, istri sang prof gak bs english :), dan semua orang berlomba2 untuk bs sekedar berbincang2 dengan beliau, wanita yang luar biasa itu.

Disana juga ada banyak keluarga Indonesia dan Malaysia yang baik hatinya. Di awal2 kedatangan saya dulu, saya dibuat benar2 layaknya di rumah. Salah satunya kak Ita dari Malaysia, yang sekarang udah tinggal di Thailand. Ah..kangen masa2 itu. And Thanx alot kak :)

............


July 2009
Graduation project saya selesai, wisuda, dan saya pulang.


Kalo diliat2 lagi...dimana menariknya Sarajevo?? almost gak ada ya? :)

...................

Orang2 di Sarajevo.

Secara umum individual memang, tapi itu juga yang membuat saya dan beberapa teman disni merasa lebih nyaman. Muslimah2nya yang selalu mengucapkan salam tiap bertemu dengan muslimah lainnya, walopun gak kenal satu sama lain :)
Disini saya bertemu dengan teman2 yang luar biasa, ntah itu luar biasa baiknya, luar biasa pintarnya, ataupun luar biasa lainnya :D

Kota yang sepi dan nyaman.

Ini yg paling utama. Kota kecil ini cukup sepi. Jalanan yang selalu lenggang, tapi gak ada yg nyebrang jalan sembarangan. jalan2 setapak di pinggiran sungai nan asri. Asik buat jalan, asik buat tempat melepas lelah, asik dijadikan tempat untuk duduk dan membaca buku di salah satu kursi tamannya, atau malah langsung di duduk di atas rumputnya.

Bascarsija, dengan mesjid2nya, tempat2 menarik untuk sekedar menikmati secangkir Kahva sambil bertukar pikiran dengan teman2.

Vrelo Bosna, taman yang indah, sepanjang jalan nan asri dengan pohon2 rindangnya. Kadang jalan kaki, walopun lebih sering dengan sepeda sewaan kita kesana.

Ah..banyak hal yang gak bs saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Yang pasti..terlalu besar rasa kangen saya untuk bisa kembali ke tempat itu. InshaAllah, soon


Lennestr, 04.01.2012

You Might Also Like

0 comments